Kathmandu: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Xqbot (bicara | kontrib)
k bot Menambah: os:Катманду
MelancholieBot (bicara | kontrib)
k bot Menambah: yo:Kathmandu
Baris 96: Baris 96:
[[vo:Kathmandau]]
[[vo:Kathmandau]]
[[war:Kathmandu]]
[[war:Kathmandu]]
[[yo:Kathmandu]]
[[zh:加德滿都]]
[[zh:加德滿都]]
[[zh-min-nan:Kathmandu]]
[[zh-min-nan:Kathmandu]]

Revisi per 28 November 2009 18.51

Kathmandu (bahasa Nepal: काठमाडौं) adalah ibu kota sekaligus kota terbesar di Nepal. Kota berpenduduk 3,2 juta jiwa ini terletak di Lembah Kathmandu di Nepal bagian tengah, dekat Sungai Vishnumati.

Sejarah

Pasar di Kathmandu tahun 1920

Kathmandu dipercayai dibangun oleh raja Gun Kamdev pada 723. Menurut legenda, kawasan itu dahulu berupa danau, namun Manjushri, seorang pengikut ajaran Buddha Shakyamuni, membelah sebuah bukit di bagian selatan sehingga memudahkan air untuk mengalir dan membuat daerah itu layak untuk dihuni. Seluk-beluk nama "Kathmandu" tidak diketahui, namun sebuah teori menyatakan nama itu dinamakan setelah Kastha-Mandapa ("kuil kayu" dalam bahasa Sansekerta), sebuah pagoda yang dipahat dari sebuah pohon menurut perintah Raja Lakshmi Narasingha Malla pada 1596.

Masa kini

Berkas:Kathmandu signs.jpg
Jalan raya di Kathmandu

Kota tua ini terkenal dengan banyaknya jumlah kuil dan istana Buddha dan Hindu, kebanyakan dibangun pada abad ke-17. Bangunan-bangunan ini banyak yang hancur akibat gempa bumi dan polusi. Di lembah ini terdapat tujuh Warisan Dunia UNESCO.

Kathmandu menjadi tempat tujuan populer bagi turis Barat sejak 1960-an ketika dia merupakan tempat pemberhentian utama hippie trail.

Pranala luar