Lompat ke isi

Wikipedia:Artikel bagus/Usulan/Zakaria bin Muhammad Amin: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Baris 48: Baris 48:
::Kapan saya bilang saya cucu dari subjek tersebut? oh ya satu lagi, membantu anda bukan kebiasaan saya karena anda sendiri tidak melakukannya ketika saya membutuhkan hal tersebut, terima kasih [[Istimewa:Kontribusi pengguna/182.4.101.93|182.4.101.93]] 3 September 2023 11.02 (UTC)
::Kapan saya bilang saya cucu dari subjek tersebut? oh ya satu lagi, membantu anda bukan kebiasaan saya karena anda sendiri tidak melakukannya ketika saya membutuhkan hal tersebut, terima kasih [[Istimewa:Kontribusi pengguna/182.4.101.93|182.4.101.93]] 3 September 2023 11.02 (UTC)
:::Saran saya lebih baik artikelnya dihapus saja, saya tidak setuju artikel yang pada awalnya kena konflik karena tuduhan afiliasi saya sebagai keluarga beliau sekarang malah ingin dijadikan artikel pilihan dengan hanya meng-copy paste pekerjaan yang saya lakukan di Wikipedia cabang sebelah [[Istimewa:Kontribusi pengguna/182.4.101.93|182.4.101.93]] 3 September 2023 11.07 (UTC)
:::Saran saya lebih baik artikelnya dihapus saja, saya tidak setuju artikel yang pada awalnya kena konflik karena tuduhan afiliasi saya sebagai keluarga beliau sekarang malah ingin dijadikan artikel pilihan dengan hanya meng-copy paste pekerjaan yang saya lakukan di Wikipedia cabang sebelah [[Istimewa:Kontribusi pengguna/182.4.101.93|182.4.101.93]] 3 September 2023 11.07 (UTC)
:Hubungi anaknya di Facebook lalu minta tolong untuk mengirimkan scan foto portrait beliau, soal copyright set saja seperti yang sering saya lakukan karena fotonya kebanyakan sudah berusia lebih dari 25 tahun. Hal mudah jangan dibikin susah oke [[Istimewa:Kontribusi pengguna/182.4.101.93|182.4.101.93]] 3 September 2023 11.10 (UTC)


===== Komentar JumadilM (Lanjutan ke-1) =====
===== Komentar JumadilM (Lanjutan ke-1) =====

Revisi per 3 September 2023 12.04

Zakaria bin Muhammad Amin

Pengusul: Fazoffic (b • k • l)
Status:    Dalam diskusi

Seorang figur Muslim Kabupaten Bengkalis dan artikelnya sempat kena konflik kepentingan. Namun karena saya terjemahkan dengan teliti dari versi en-nya, maka saya rasa tidak bisa dikatakan konflik kepentingan lagi (pləs karena saya tak kenal beliau ini siapa :v). Secara umum, saya kira sudah bisa di-AB-kan, mengingat referensi sudah cukup memadai.

Komentar Informasi lebih lanjut: Mungkin beberapa orang khawatir bahwa artikel ini melanggar beberapa poin WP:KAB, dan akan saya jelaskan:

  • Artikel telah ditulis berdasarkan sudut pandang netral, meskipun tidak menyertakan pandangan minoritas. Walaupun terlibat konflik kepentingan karena disunting oleh cucu subjek sendiri, namun penyuntingan cucunya ini sudah membaur dengan pengembangan yang saya lakukan dan suntingan saya yang lebih dominan.
  • Artikel tidak menjadi area perang suntingan, karena sejauh yang saya tangkap, walaupun cucu subjek ini lumayan bebal dan kasar, namun ia nampaknya senang jika artikel kakeknya bisa dikembangkan (bukti).
    • Anak dari subjek artikel ini juga ada di sini, dan juga berharap bahwa artikel ayahnya bisa dikembangkan (lihat).
  • Artikel ini juga telah membahas segala aspek kehidupan subjeknya, tanpa ada yang tertinggal sama sekali. Fakta yang disampaikan nampaknya juga akurat, dan sesuai dengan sumber yang ada.

Dengan demikian, saya berharap artikel ini bisa ditinjau dengan netral dan tanpa adanya halangan. Terima kasih ▪ ꦩꦣꦪ. Fazoffic ( ʖ╎ᓵᔑ∷ᔑ) 26 Agustus 2023 11.41 (UTC)[balas]

Mungkin @Dedhert.Jr, Ariandi Lie, Asphonixm, F1fans, RianHS, Medelam, JumadilM, dan Dimas Laksani: berminat untuk memberikan komentar? ▪ ꦩꦣꦪ. Fazoffic ( ʖ╎ᓵᔑ∷ᔑ) 26 Agustus 2023 11.43 (UTC)[balas]
Komentar Komentar @Fazoffic Sekilas saya baca, sepertinya ada beberapa hal yang perlu diperbaiki. Namun saya belum bisa bergabung untuk meninjau bulan Agustus ini. Jika sempat, saya akan ikut meninjau awal bulan September. Itupun kalau pengusulan ini belum disetujui oleh para pengguna lainnya untuk jadi artikel bagus. Salam, –JumadilM Diskusi 29 Agustus 2023 09.50 (UTC)[balas]

Komentar Ariandi Lie

Komentar JumadilM

@Fazoffic: Berikut komentar awal dan saran dari saya:

Subjudul Sumber dan Referensi
Posisi subjudul
Penggunaan foto
  • Saya menemukan sebuah foto yang hanya menampilkan potret diri Zakaria bin Muhammad Amin. Sekiranya dapat digunakan karena tampilan wajahnya cukup jelas.
    • Menolak Menolak dapat dilihat dengan jelas saat berkas diperbesar bahwa itu adalah gambar hasil rendering oleh AI. (1.》Kacamata Zakaria memudar bahkan sebelum sampai ke telinganya (2.》Kacamata Zakaria bengkok dan terlihat penyok (3.》Terlihat bahwa hanya bagian wajah yang tampak sangat jelas dan HD, namun pada bagian kiri foto terlihat agak buram, rendering AI yang cukup buruk (4.》Peci Zakaria terlihat offside dari kepalanya (5.》Telinga, alis, dan kumis Zakaria terlihat jelas tidak alami Sedikit informasi: Mungkin ini tidak memengaruhi peninjauan tidak ada hubungannya dengan pengusulan AB, foto ini konflik kepentingan karena diunggah oleh cucu Zakaria, Asphonixm. Mungkin @Asphonixm: bersedia mengunggah berkas lain yang mewakili wajah kakeknya dengan lebih detail, tanpa merusak gambar dengan resolusi tinggi dan rendering AI yang buruk? ▪ ꦩꦣꦪ. Fazoffic ( ʖ╎ᓵᔑ∷ᔑ)

Sekiranya cukup ini komentar awal dari saya. Setelah ditanggapi, akan saya tambahkan lagi. Salam, JumadilM Diskusi 1 September 2023 23.25 (UTC)[balas]

Ditunggu lanjutannya @JumadilM! ▪ ꦩꦣꦪ. Fazoffic ( ʖ╎ᓵᔑ∷ᔑ) 3 September 2023 09.35 (UTC)[balas]
Kapan saya bilang saya cucu dari subjek tersebut? oh ya satu lagi, membantu anda bukan kebiasaan saya karena anda sendiri tidak melakukannya ketika saya membutuhkan hal tersebut, terima kasih 182.4.101.93 3 September 2023 11.02 (UTC)[balas]
Saran saya lebih baik artikelnya dihapus saja, saya tidak setuju artikel yang pada awalnya kena konflik karena tuduhan afiliasi saya sebagai keluarga beliau sekarang malah ingin dijadikan artikel pilihan dengan hanya meng-copy paste pekerjaan yang saya lakukan di Wikipedia cabang sebelah 182.4.101.93 3 September 2023 11.07 (UTC)[balas]
Komentar JumadilM (Lanjutan ke-1)
Subjudul Kehidupan awal dan pendidikan
  • Ayahnya bekerja sebagai pedagang, dan ibunya bekerja sebagai penjahit. Kalimat pertama pada paragraf kedua ini membahas tentang pekerjaan orang tua. Sebaiknya kalimat ini dipindahkan menjadi kalimat kedua pada paragraf pertama karena lebih berkaitan: Nama orang tua – Pekerjaan orang tua.
  • Paragraf pertama: tiga di antaranya adalah saudara tiri dari pihak ayah. Nama ayahnya sama, yang berbeda ialah ibunya. Bisa diperjelas mengikut versi bahasa Melayu pada paragraf kedua subjudul Biografi karena referensinya sama.
  • Paragraf pertama: Mereka bekerja sebagai petani dan pedagang. Bisa diperjelas yang dimaksud dengan "mereka" ini adalah saudara-saudara Zakaria atau termasuk pula Zakaria?
  • Penulisan 1960an diubah menjadi 1960-an.
  • Paragraf kedua: Ia memulai sekolahnya...., bisa diubah menjadi ia mulai bersekolah.
  • Penulisan berbagai ilmu Islam pada paragraf ketiga tidak perlu semua huruf pertamanya diberik huruf kapital. Cukup kata Al-Qur'an dan Arab saja yang dikapitalisasi huruf depannya.
  • Sanadnya dapat dilacak pada Ahmad Khatib al-Minangkabawi. Kata pada sepertinya kurang tepat berkaitan dengan sanad. Sebaiknya diubah menjadi hingga ke. Karena sanad umumnya berkaitan dengan keterangan bersambung hingga ke siapa.
  • Paragraf keempat: Setelah menyelesaikan studinya di Makkah, ...., hingga meninggalnya Saleh pada tahun 1929. Kalimat ini dapat dibuat menjadi dua atau tiga kalimat sehingga lebih mudah dipahami oleh pembaca.
Subjudul Karier ilmiah
  • Isi pada subjudul Karya dapat diganti dengan paragraf kedua dari Subjudul Karier Ilmiah. Karena paragraf ini sudah disertai rujukan dan kontennya sama. Atau dapat pula subjudul Karya dihapus saja.
  • Penyebutan British Malaya pada paragraf kedua, diubah menjadi Malaya Britania, sesuai judul artikelnya.
  • Paragraf ketiga: Pada tahun 1937 bersama Tuan Guru Haji Ahmad mendirikan Al-Khairiyah, sebuah pesantren pertama di Kabupaten Bengkalis. Kalimat ini perlu diperjelas, misalnya Pada tahun 1937, Zakaria bersama Tuan Guru Haji Ahmad mendirikan sebuah pesantren bernama Al-Kahiriyah. Pesantren ini merupakan pesantren pertama di Kabupaten Bengkalis.
  • Paragraf kelima: Pada tanggal 17 Juli 1963, Zakaria mendirikan MDTA Mahbatul Ulum, sebuah sekolah Islam tingkat anak dan remaja. Kalimat ini disederhanakan saja menjadi begini: Pada tanggal 17 Juli 1963, Zakaria mendirikan sebuah sekolah Islam tingkat anak dan remaja yang diberi nama MDTA Mahbatul Ulum.
  • Paragraf kelima: Sekolah ini memiliki enam ruang kelas pada awal pembangunannya, yang kemudian digunakan untuk mengajarkan berbagai ilmu keislaman seperti ...., dengan metode pendidikan klasikal. Kalimat ini dapat dipisah menjadi tiga kalimat agar lebih mudah dipahami, misalnya: Pada awal pembangunannya, sekolah ini memiliki enam ruang kelas. Masing-masing ruang kelas mengajarkan ilmu keislaman, yaitu nahwu saraf, fikih, tauhid, akhlak, hadis, tarikh, dan tafsir Al-Qur'an. Metode pendidikannya bersifat klasik.
  • Paragraf kelima: Mahbatul Ulum kabarnya sukses memotivasi generasi muda untuk menjadi khatib. Kalimat ini perlu diperbaiki penggunaan bahasanya karena terkesan opini. Bagaimana kalau begini: Mahbatul Ulum mendidik para siswanya untuk menjadi khatib.
  • Paragraf kelima: .... , juga dijadikan sebagai tempat perayaan acara keagamaan di Bengkalis. Bagaimana kalau diubah menjadi begini?: Selain sebagai tempat pendidikan, Mahbatul Ulum juga menjadi tempat perayaan untuk acara kegamaan di Bengkalis.
  • Paragraf kelima: Lantai sekolah direnovasi pada tahun 1977 oleh Bupati Bengkalis, Himron Saheman, dengan biaya Rp 350.000. Dipindahkan saja ke paragraf keenam. Jadi paragraf keenam khusus membahas mengenai renovasi dan pengembangan Mahbatul Ulum. Kalimantnya juga diperbaiki seperti: Pada tahun 1977, lantai sekolah Mahbatul Ulum direnovasi dengan bantuan biaya dari Bupati Bengkalis, Himron Saheman. Biaya renovasinya sebanyak Rp 350.000.

Segitu saja untuk sementara, karena saya melihat ada sedikit perdebatan dengan pengguna anonim. Mungkin dapat dibicarakan baik-baik. Soalnya saya belum tahu permasalahannya apa. Salam, JumadilM Diskusi 3 September 2023 11.16 (UTC)[balas]