Lompat ke isi

Ketilang: Perbedaan antara revisi

2 bita ditambahkan ,  1 tahun yang lalu
k
tidak ada ringkasan suntingan
kTidak ada ringkasan suntingan
Tag: VisualEditor Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler Suntingan seluler lanjutan
kTidak ada ringkasan suntingan
Tag: VisualEditor Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler Suntingan seluler lanjutan
''cuk, cuk, ..tuit,tuit! ''; atau bersiul berirama yang terdengar seperti ''ke-ti-lang.. ke-ti-lang..'' berulang-ulang di atas tenggerannya.
 
Burung Ketilangketilang memiliki kebiasaan untuk berjemur dan mandi embun setiap pagi, hal ini berguna untuk menjaga bulunya yang terus di minyakidiminyaki. Minyak ini berasal dari bagian belakang dekat ujung ekornya yang berhubungan dengan badan. Burung Ketilangketilang juga memiliki kebiasaan menaikan jambulnya bila senang maupun ingin buang air besar. Burung Ketilangpunketilang pun memiliki masa "Mabungmabung" yaitu saat dimanadi mana bulu yang lama rontok dan berganti bulu yang baru. Di saat Mabungmabung burung Ketilangketilang akan cenderung lebih diam baik secara suara maupun gerakan.
 
Sarang cucak kutilang berbentuk cawan dari anyaman daun rumput, tangkai daun atau ranting yang halus. Telur dua atau tiga butir, berwarna kemerah-jambuan berbintik ungu dan abu-abu. Tercatat bersarang sepanjang tahun kecuali NopemberNovember, dengan puncaknya April sampai September.
 
Burung ketilang menyebar luas di [[Tiongkok]] selatan dan [[Asia Tenggara]] (kecuali [[Malaysia]]), [[Jawa]] serta [[Bali]]. Diintroduksi ke [[Sumatra]] dan [[Sulawesi]], beberapa tahun yang silam burung ini juga mulai didapati di [[Kalimantan]].
650

suntingan