Seventeen (grup musik Indonesia): Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Alfredo.edo1997 (bicara | kontrib)
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Baris 16: Baris 16:
'''Seventeen''' merupakan sebuah [[grup musik]] [[pop rock]] asal [[Indonesia]] yang aktif antara tahun 1999 hingga 2018. Grup musik ini dibentuk pada tahun [[1999]] di [[Yogyakarta]].
'''Seventeen''' merupakan sebuah [[grup musik]] [[pop rock]] asal [[Indonesia]] yang aktif antara tahun 1999 hingga 2018. Grup musik ini dibentuk pada tahun [[1999]] di [[Yogyakarta]].


Band ini dinyatakan bubar pada tanggal 24 Desember 2018 karena 3 personelnya yang meninggal dunia dalam [[tsunami Selat Sunda 2018|tsunami Selat Sunda]] selama 2 hari sebelumnya, menyisakan sang vokalis [[Riefian Fajarsyah|Ifan]] dan istrinya yang bernama [[Dylan Sahara|Dylan]] dan dinyatakan sudah meninggal dunia.
Band ini dinyatakan bubar pada tanggal 24 Desember 2018 karena 3 personelnya yang meninggal dunia dalam [[tsunami Selat Sunda 2018|tsunami Selat Sunda]] selama 2 hari sebelumnya, menyisakan sang vokalis [[Riefian Fajarsyah|Ifan]] dan istrinya yang bernama [[Dylan Sahara|Dylan]] dan dinyatakan sudah meninggal dunia. Dan Ifan berstatusnya duda sudah gak punya istri lagi yakni istri pertama sudah berpisah dan istri kedua sudah meninggal dunia. Mudah-mudahan Ifan pengen cepat punya istri baru lagi ya amin.


== Perjalanan karier ==
== Perjalanan karier ==

Revisi per 14 September 2020 15.27

Seventeen
AsalYogyakarta, Indonesia
GenrePop Rock, Alternative Rock, Pop,
Tahun aktif1999–2018
LabelUniversal Music Indonesia
Mi2 Music Production/Nagaswara
GP Records
Mantan anggotaRiefian "Ifan" Fajarsyah
M. Awal "Bani" Purbani (alm.)
Herman Sikumbang (alm.)
Windu Andi Darmawan (alm.)
Yohan "Doni" Saputro
Yudhi Rus Harjanto

Seventeen merupakan sebuah grup musik pop rock asal Indonesia yang aktif antara tahun 1999 hingga 2018. Grup musik ini dibentuk pada tahun 1999 di Yogyakarta.

Band ini dinyatakan bubar pada tanggal 24 Desember 2018 karena 3 personelnya yang meninggal dunia dalam tsunami Selat Sunda selama 2 hari sebelumnya, menyisakan sang vokalis Ifan dan istrinya yang bernama Dylan dan dinyatakan sudah meninggal dunia. Dan Ifan berstatusnya duda sudah gak punya istri lagi yakni istri pertama sudah berpisah dan istri kedua sudah meninggal dunia. Mudah-mudahan Ifan pengen cepat punya istri baru lagi ya amin.

Perjalanan karier

Berkas:Bintang terpilih.jpg
Sampul album perdana Seventeen, Bintang Terpilih

Band ini terbentuk atas prakarsa Yudhi Rus Harjanto, Herman Sikumbang, dan Windu Andi Darmawan yang bersekolah di sebuah SMA swasta di Yogyakarta. Dengan keinginan serius dalam membentuk band, mereka menggaet Bani, sepupu Yudhi. Seventeen secara resmi dibentuk pada tanggal 17 Januari 1999. Nama "seventeen" diambil karena semua personil band saat itu sedang berusia 17 tahun. Satu tahun kemudian, Doni bergabung dengan band ini untuk mengisi posisi vokal.

Album perdana mereka, Bintang Terpilih dirilis pada tanggal 17 Juli 2003 melalui Universal Music Indonesia. Mereka menggaet VJ MTV pada saat itu, Arie Untung untuk berduet di lagu "Jibaku". Album ini berhasil mencapai angka penjualan mencapai 75 ribu salinan dan beberapa lagunya digunakan untuk soundtrack sinetron. Namun tidak berselang lama, pihak label mereka menutup divisi lokalnya. Selama dua tahun kemudian, mereka tidak memiliki kontrak label.

Saat divisi lokal Universal Music kembali dibuka, Seventeen segera kembali menandatangani kontrak. Mereka kemudian merilis album kedua, Sweet Seventeen pada tahun 2005 dengan hits singel "Jika Kau Percaya".

Pada tahun 2008, Doni dan Andi keluar dari Seventeen. Personel yang lain sempat kebingungan mencari pengganti Doni untuk posisi vokalis yang krusial. Setelah melalui proses audisi, mereka menggaet Ifan sebagai vokalis baru. Perbedaan karakter vokal antara Doni dan Ifan membuat perubahan dalam musik Seventeen. Album ketiga Seventeen, Lelaki Hebat, dirilis pada tahun 2008 dengan perubahan warna musik yang drastis dari rock menjadi sangat pop. Untuk album ketiga ini, Seventeen merilisnya di pusat perbelanjaan barang elektronik Glodok yang selama ini terkenal sebagai tempat para pembajak.[1] Album ini menghasilkan hits "Selalu Mengalah".

Setelah rilis album ketiga Seventeen, Andi kembali bergabung sebagai drummer setelah sebelumnya sempat hengkang karena fokus terhadap pekerjaannya sebagai karyawan bank. Pada tahun 2011, band ini merilis album keempat mereka, Dunia Yang Indah, dengan hits singel "Jaga Slalu Hatimu".

Pada tahun 2013, karena perbedaan visi, akhirnya Yudhi memilih hengkang dari grup musik Seventeen pada saat album kelima Seventeen akan diluncurkan yang berjudul 5ang Juara yang melahirkan single "Sumpah Ku Mencintaimu".

Diskografi

Anggota

Garis waktu

Chart

Single Top 25 Hits 99rs
Selalu Mengalah 1 1
Untuk Mencintaimu 1 1

Tragedi tsunami saat di atas panggung

Pada saat membawakan lagu kedua di panggung acara Family Gathering PT PLN di Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, tiba-tiba tsunami yang diakibatkan erupsi Gunung Anak Krakatau, datang dari belakang panggung yang tidak jauh dari bibir pantai. Semua anggota band Seventeen tersapu tsunami dan diberitakan bahwa managernya yang bernama Oki Wijaya, dan basis Seventeen, Bani, meninggal dunia di lokasi kejadian. Sementara sang gitaris, Herman, dan kru Seventeen yang bernama Ujang, ditemukan meninggal dunia beberapa jam setelah dinyatakan hilang. Lalu kemudian sang drummer, Andi ditemukan meninggal dunia sehari setelah kematian gitaris dan basisnya. Hal ini menjadi akhir yang tragis bagi perjalanan karier Seventeen. Sehari kemudian pada tanggal 24 Desember 2018 malam, istri dari vokalis Ifan, yaitu Dylan Sahara, juga ditemukan telah meninggal dunia.

Referensi

Pranala luar