Kaisar Spanyol: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Vedolique (bicara | kontrib)
←Membuat halaman berisi ''''Imperator totius Hispaniae''' (Latin) yang berarti "'''Kaisar dari Seluruh Spanyol'''". Adalah gelar Penguasa di Spanyol pada Abad Pertengahan yang...'
Tag: tanpa kategori [ * ] VisualEditor
(Tidak ada perbedaan)

Revisi per 15 Februari 2020 16.09

Imperator totius Hispaniae (Latin) yang berarti "Kaisar dari Seluruh Spanyol". Adalah gelar Penguasa di Spanyol pada Abad Pertengahan yang digunakan dalam berbagai keadaan sejak abad kesembilan dan seterusnya. Namun penggunaannya memuncak sebagai gelar formal dan praktis, antara 1086 dan 1157. Gelar terutama digunakan oleh raja - raja León dan Kastila, dan ditemukan pada raja Kerajaan Navarra atau setidaknya satu adipati Galicia. Menandakan kesetaraan raja dengan para penguasa Kekaisaran Romawi Timur dan Kekaisaran Romawi Suci, melalui pemerintahannya dengan penaklukan atau superioritas militer, maupun atas beberapa kelompok etnis atau agama, dan klaimnya untuk menguasai raja-raja semenanjung Iberia lainnya, baik Kristen maupun Muslim. Penggunaan gelar kekaisaran menerima sedikit pengakuan di luar Spanyol dan menjadi terlupakan pada abad ketiga belas.

Gelar femininnya, "maharani permaisuri" ( imperatrix Latin), lebih jarang digunakan untuk permaisuri kaisar. Hanya satu ratu yang memerintah, Urraca yang memiliki kesempatan untuk menggunakannya secara efektif.