Bahasa Mongol: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
kTidak ada ringkasan suntingan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan aplikasi seluler Suntingan aplikasi Android
Baris 12: Baris 12:
|lc2=khk|ld2=Halh Mongolian|ll2=Khalkha
|lc2=khk|ld2=Halh Mongolian|ll2=Khalkha
|lc3=mvf|ld3=Peripheral Mongolian}}
|lc3=mvf|ld3=Peripheral Mongolian}}
'''Bahasa Mongol''' atau '''bahasa Mongolia''' (монгол хэл, ''mongol khel'') adalah bahasa utama di dan juga bahasa resmi di [[Mongolia]]. Bahasa ini secara resmi ditulis menggunakan [[huruf Sirilik]]. Sebelum menggunakan huruf Sirilik di tahun 1940-an, bahasa Mongol menggunakan aksara tradisional bernama [[Aksara Mongolia|''Hudum Mongol bichig'']] dimana aksara tersebut mirip huruf Arab tetapi ditulis dan dibaca secara vertikal. Aksara ini kembali diajarkan di sekolah dasar dalam rangka melestarikan aksara Mongol. Selain di Mongolia, bahasa ini juga dipertuturkan di [[Republik Rakyat Tiongkok]] (di provinsi [[Mongolia Dalam]]), [[Rusia]] dan [[Kyrgyzstan]]. Mayoritas penutur di Mongolia menuturkan dialek Khalkha (atau Halh), sementara mereka yang di Tiongkok menuturkan kelompok dialek Chahar, Oyirad, dan Barghu-Buryat. Jumlah penuturnya mencapai hampir 6 juta jiwa.
'''Bahasa Mongol''' atau '''bahasa Mongolia''' (монгол хэл, ''mongol khel'') adalah bahasa utama di dan juga bahasa resmi di [[Mongolia]]. Bahasa ini secara resmi ditulis menggunakan [[huruf Sirilik]]. Sebelum menggunakan huruf Sirilik di tahun 1940-an, bahasa Mongol menggunakan aksara tradisional bernama [[Aksara Mongolia|''Hudum Mongol bichig'']] yang mana aksara tersebut mirip huruf Arab tetapi ditulis dan dibaca secara vertikal. Aksara ini kembali diajarkan di sekolah dasar dalam rangka melestarikan aksara Mongol. Selain di Mongolia, bahasa ini juga dipertuturkan di [[Republik Rakyat Tiongkok]] (di provinsi [[Mongolia Dalam]]), [[Rusia]] dan [[Kyrgyzstan]]. Mayoritas penutur di Mongolia menuturkan dialek Khalkha (atau Halh), sementara mereka yang di Tiongkok menuturkan kelompok dialek Chahar, Oyirad, dan Barghu-Buryat. Jumlah penuturnya mencapai hampir 6 juta jiwa.


== Referensi ==
== Referensi ==

Revisi per 13 Februari 2020 13.52

Bahasa Mongol
монгол (Mongol)
ᠮᠣᠩᠭᠣᠯ
Dituturkan diMongolia, Republik Rakyat Tiongkok, Kyrgyzstan, Russia
WilayahSeluruh Mongolia, Buryatia di Russia, Issyk-Kul di Kyrgyzstan, dan provinsi Mongolia Dalam, Liaoning, Jilin, dan Heilongjiang di Tiongkok
Penutur
5,7 juta
Status resmi
Bahasa resmi di
Mongolia, Republik Rakyat Tiongkok (Mongolia Dalam)
Kode bahasa
ISO 639-1mn
ISO 639-2mon
ISO 639-3Mencakup:
mon – Mongolian (generic)
khk – Halh Mongolian
mvf – Peripheral Mongolian
Lokasi penuturan
Lokasi penuturan Bahasa Mongol
 Portal Bahasa
L • B • PW   
Sunting kotak info  Lihat butir Wikidata  Info templat

Bahasa Mongol atau bahasa Mongolia (монгол хэл, mongol khel) adalah bahasa utama di dan juga bahasa resmi di Mongolia. Bahasa ini secara resmi ditulis menggunakan huruf Sirilik. Sebelum menggunakan huruf Sirilik di tahun 1940-an, bahasa Mongol menggunakan aksara tradisional bernama Hudum Mongol bichig yang mana aksara tersebut mirip huruf Arab tetapi ditulis dan dibaca secara vertikal. Aksara ini kembali diajarkan di sekolah dasar dalam rangka melestarikan aksara Mongol. Selain di Mongolia, bahasa ini juga dipertuturkan di Republik Rakyat Tiongkok (di provinsi Mongolia Dalam), Rusia dan Kyrgyzstan. Mayoritas penutur di Mongolia menuturkan dialek Khalkha (atau Halh), sementara mereka yang di Tiongkok menuturkan kelompok dialek Chahar, Oyirad, dan Barghu-Buryat. Jumlah penuturnya mencapai hampir 6 juta jiwa.

Referensi

  1. ^ Keberadan rumpun bahasa Altai masih kontroversial.