Monomer: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Menolak perubahan teks terakhir (oleh Sisca Elpilasari) dan mengembalikan revisi 12168728 oleh HsfBot
Baris 1: Baris 1:
'''Monomer''' berasal dari [[bahasa Yunani]] ''mono'' yang berarti "satu" dan ''meros'' yang berarti "bagian". Monomer dapat berikatan secara kimia dengan monomer lainnya untuk menyusun [[molekul]] [[polimer]] yang panjang dan berulang-ulang <ref>''Introduction to Polymers'' 1987 R.J. Young Chapman & Hall ISBN 0-412-22170-5</ref>. Proses ini disebut [[Polimerisasi]]. Monomer dapat berupa [[hidrokarbon]], [[gula]], [[asam amino]], atau [[asam lemak]].
Dalam [[kimia]], suatu '''monomer''' (dari [[bahasa Yunani]] ''mono'' "satu" dan ''meros'' "bagian") adalah struktur [[molekul]] yang dapat berikatan secara kimia dengan monomer lainnya untuk menyusun [[molekul]] [[polimer]] yang panjang dan berulang-ulang <ref>''Introduction to Polymers'' 1987 R.J. Young Chapman & Hall ISBN 0-412-22170-5</ref>. Monomer dapat berupa [[hidrokarbon]], [[gula]], [[asam amino]], atau [[asam lemak]].


== Lihat pula ==
== Lihat pula ==

Revisi per 14 Mei 2019 11.37

Dalam kimia, suatu monomer (dari bahasa Yunani mono "satu" dan meros "bagian") adalah struktur molekul yang dapat berikatan secara kimia dengan monomer lainnya untuk menyusun molekul polimer yang panjang dan berulang-ulang [1]. Monomer dapat berupa hidrokarbon, gula, asam amino, atau asam lemak.

Lihat pula

Catatan kaki

  1. ^ Introduction to Polymers 1987 R.J. Young Chapman & Hall ISBN 0-412-22170-5