Dawet jepara: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Baris 26: Baris 26:
[[Kategori:Minuman non-alkohol]]
[[Kategori:Minuman non-alkohol]]
[[Kategori:Minuman Indonesia]]
[[Kategori:Minuman Indonesia]]
[[Kategori:Minuman jawa tengah]]
[[Kategori:Minuman Jawa Tengah]]
[[Kategori:Kabupaten Jepara]]
[[Kategori:Kabupaten Jepara]]

Revisi per 17 April 2019 23.56

Dawet Jepara (bahasa Jawa: ꦝꦮꦼꦠ꧀​ꦗꦼꦥꦫ, translit. Dhawet Jepara) adalah minuman khas dari kabupaten jepara. dawet jepara bisa disajikan dengan es batu maupun disajikan hangat. seiring perkembangannya dawet jepara mudah ditemukan di kota-kota besar di Indonesia, Dawet Jepara merupakan dawet pertama di Indonesia yang menginovasi toppingnya, diantaranya nata de coco, durian, dll.

Perbedaan

Dawet daerah lain menggunakan tepung beras atau beras ketan, maka sedikit berbeda[1] dengan es dawet khas jepara menggunakan tepung sagu aren. Sedangkan cendol minuman khas Jawa Barat itu terbuat dari tepung hunkwe.

Bahan

Dawet jepara terdiri beberapa bahan[2] diantaranya tepung sagu aren, tepung beras, air, daun suji, pewarna hijau. untuk kuah gula merah bahan-bahannya terdiri dari gula merah, air, daun pandan. sedangkan bahan kuah santan terdiri dari santan kelapa, garam, daun pandan.

Cara membuat

pertama-tama aduk rata bahan dawet, masak sambil diaduk hingga meletup-letup. angkat, tuang ke cetakan cendol, tekan cetakan cendol. tampung cendol yang keluar ke dalam baskom berisi air dingin. rebus kuah gula merah sambil diaduk hingga mendidih, saring, dinginkan. rebus kuah santan sambil diaduk hingga mendidih, dinginkan. sendokkan cendol ke dalam gelas. tambahkan kuah gula merah dan santan. sajikan dengan tambahan es batu.

Pelengkap

dawet jepara memiliki perkembangan cukup pesat dibanding dawet banjarnegara dan dawet daerah lain, selain daewt jepara adalah komoditi franchise. dawet jepara juga memiliki perkembangan toping (rasa pelengkap), diantaranya:

  • toping avokad
  • toping durian petruk
  • toping nangka
  • toping nata de coco
  • dll

Lihat juga

Referensi