Doktorandus: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
175 bita ditambahkan ,  15 tahun yang lalu
tidak ada ringkasan suntingan
'''Doktorandus''' (di [[Belanda]] dan masa [[Hindia-Belanda]] '''doctorandus''') atau disingkat '''Drs.''' merupakan gelar yang diberikan oleh [[universitas]] dalam [[Ilmu Sosial]] di Indonesia sampai tahun 1990 bagi yang menyelesaikan program [[S1]]. Kata "Doktorandus" merupakan [[kata pungutan]] dari [[bahasa Belanda]] yang memungutnya dari bahasa [[Latin]] yang berati "Ia (pria) yang akan dijadikan ilmuwan (doktor)". SedangkanKarena wanitaitu menyandangdi Belanda gelar ini diberikan kepada orang yang sudah menyelesaikan program Master (S2), dan hampir mencapai gelar [[Dra.doktor]], yaitu gelar tertinggi dalam bidang akademis. Si pemilik gelar hanya tinggal menulis disertasi untuk mencapai gelar doktornya.
 
Namun di Indonesia gelar ''doktorandus'' ini mengalami degradasi dan sampai tahun 1990 gelar ini diberikan bagi lulusan program [[S1]] dalam [[Ilmu Sosial]]. Juga hanya di Indonesia dibuat pembedaan untuk wanita yang memperoleh gelar [[Dra.]].
Seorang Doktorandus berhak (secara teori) menjadi [[Doktor]], gelar [[S3]], tetapi sebelumnya (biasanya) ia harus menjalani program [[Magister]] atau [[Master]] dahulu, sebuah program [[S2]].
 
==Lihat pula==
24.084

suntingan

Menu navigasi