STS-51-L: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
1.186 bita ditambahkan ,  14 tahun yang lalu
tambah sedikit
k
(tambah sedikit)
[[Image:Challenger explosion.jpg|thumb|Gambar ledakan pesawat Challenger.]]
'''STS-51-L''' adalah peluncuran ke-25 [[pesawat ulang-alik]] dan peluncuran ke-10 [[Pesawat ulang-alik Challenger]]. Kendaraan ini meledak 73 detik setelah peluncuran pada [[28 Januari]] [[1986]] sebagai hasil dari kegagalan sebuah segel [[karet cincin O (''O-ring]]'') di kanan [[roket pendorong padat]] (''solid rocket booster'', SRB); hal ini menyebabkan kebocoran dengan percikan api yang menyebabkan kebocoran lainnya di tangki [[hidrogen]]. Di antara para awak adalah [[Sharon Christa McAuliffe]], seorang sipil dan berprofesi sebagai [[guru]], yang dijadwalkan untuk menjadi guru pertama di luar angkasa. Murid-murid di seluruh [[Amerika Serikat]] dan dunia menonton peluncuran pesawat tersebut dan ledakan yang menyusul berikutnya secara langsung di [[televisi]].
 
== Awak ==
*Spesialis Misi: [[Greg Jarvis|Gregory Jarvis]] (terbang pada ''STS-51-L'')
*Spesialis Misi: [[Judith Resnik]] (terbang pada ''[[STS-41-D]]'' & ''STS-51-L'')
*Spesialis Muatan: [[Christa McAuliffe|Christa Corrigan McAuliffe]] (terbang pada''STS-51-L'')
 
== Rencana Misi ==
Misi penerbangan ini sebenarnya sudah direncanakan berangkat pada tanggal [[22 Januari]] 1986. Namun karena berbagai hal antara lain karena kerusakan teknis dan suasana cuaca, peluncuran harus diundur beberapa kali sampai ke hari yang naas tanggal 28 Januari 1986 tersebut.
 
Rencana utama misi ini ialah meluncurkan satelit komunikasi TDRS-2. Selain itu dengan beberapa instrumen [[Komet Halley]] yang pada waktu itu mendekat bumi juga akan diobservasi. Lalu sebagai salah satu puncak utama misi ini, Sharon Christa McAullife, seorang warga sipil yang berprofesi sebagai guru sekolah menengah, akan mengajar beberapa hal kepada para murid di seluruh dunia.
 
Misi diramalkan akan berlangsung selama 6 hari dan 34 menit dengan pendaratan pesawat di [[Cape Canaveral]], [[Florida]].
 
Persis 73 detik setelah peluncuran, pesawat ulang-alik ini meledak pada ketinggian sekitar 15 sampai 16 kilometer. Ada kemungkinan para awak pesawat masih hidup ketika terjadi ledakan.
 
Saat itu hal ini disaksikan oleh para pemirsa di seluruh dunia, termasuk Indonesia yang kala itu ada penyiaran langsung.
 
== Referensi ==

Menu navigasi