Lompat ke isi

Operasi Opera: Perbedaan antara revisi

1 bita dihapus ,  4 tahun yang lalu
k
Bot: Perubahan kosmetika
k (Bot: Perubahan kosmetika)
k (Bot: Perubahan kosmetika)
 
Dalam perjalanan, pesawat Israel melewati T[[teluk Aqaba|eluk Aqaba]]. Tanpa diketahui, mereka terbang tepat di atas kapal milik [[Raja Hussein]] dari Yordania, yang sedang berlibur di sana. Dia melihat pesawat tersebut, dan menyadari bahwa mereka dari Israel. Melihat dari lokasi, tujuan, dan persenjataan pesawat tersebut, Dia langsung menyadari bahwa sasaran mereka adalah reaktor nuklir milik Irak. Dia langsung menghubungi pemerintahannya dan menyuruh untuk mengirimkan peringatan terhadap Irak. Namun, karena kegagalan komunikasi peringatan tersebut tidak pernah diterima dan pesawat Israel masuk ke wilayah Irak tanpa terdeteksi.
[[Berkas:IAF F-16A Netz 243 CIAF 2004.jpg|thumbjmpl|F-16A ''Netz 243'' AU Israel, di terbangkan oleh Kolonel Ilan Ramon dalam Operasi Opera.]]
Ketika mencapai wilayah Irak mereka menyebar, dengan dua pesawat F-15 mengawal formasi F-16, dan sisa dari pesawat F-15 menyebar di wilayah Irak sebagai bantuan perlindungan. Skuadron penyerang terbang setinggi 100 kaki (30 meter) di atas gurun, mencoba untuk terbang di bawah radar pertahanan Irak.
 
1.107.249

suntingan