Lompat ke isi

Komando Distrik Militer 0714: Perbedaan antara revisi

2 bita ditambahkan ,  5 tahun yang lalu
k
Bot: penggantian teks otomatis (- dibawah, +di bawah)
k (Bagas Chrisara memindahkan halaman Kodim 0714/Salatiga ke Komando Distrik Militer 0714: Penyeragaman per pedoman penamaan organisasi.)
k (Bot: penggantian teks otomatis (- dibawah, +di bawah))
| website = '''[http://kodim0714salatiga.com www.kodim0714salatiga.com]'''
}}
'''Komando Distrik Militer 0714/Salatiga''' (atau '''''Kodim 0714/Salatiga''''') merupakan satuan Komando Kewilayahan Pertahanan yang meliputi [[Kota Salatiga]]. dan dibawahdi bawah kendali [[Korem 073/Makutarama]], [[Kodam IV/Diponegoro]]. Kodim 0714/Salatiga membawahi 16 [[Koramil]].
 
Kodim 0714/Salatiga bermarkas di JL. Diponegoro, No. 35 [[Kota Salatiga]], [[Jawa Tengah]].
Pada Periode tahun 1950 sampai dengan tahun 1961 merupakan periode penampakan dan pembangunan bagi Korps Diponegoro. Tantangan-tantangan yang berupa pengacau-pengacau bersenjata pada saat itu dapat diatasi oleh Divisi [[Diponegoro]], bahkan menjadikan kesatuan yang berkedudukan di Komando Tentara dan Teritorium IV [[Jawa Tengah]] menjadi semakin kokoh dan dewasa dalam organisasi serta mutu keprajuritannya. Pembangunan Angkatan Darat terus berjalan, disamping menjalankan tugas melakukan operasi-operasi keamanan dalam Negeri. Demikian pula Divisi Diponegoro dengan seluruh kesatuannya, pengalaman-pengalaman operasi dan hasil pendidikan dan latihan yang dijalankan terus menerus secara terencana telah dapat membawa kemajuan. Dari kesatuan Divisi Diponegoro pada akhirnya terbentuklah Organisasi [[Kodam IV/Diponegoro|Kodam VII/Diponegoro]] sebagai alat pertahanan dan keamanan sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pertahanan Republik Indonesia nomor S/D/AP/49 tanggal 31 Oktober 1949 ditunjuk sebagai Panglima [[Kolonel]] [[Gatot Soebroto]].<ref>[http://kodim0714salatiga.com/index.php/sejarah/ "Sejarah Kodim 0714/Salatiga"]</ref>
 
Untuk selanjutnya sesuai dengan Surat Keputusan KASAD nomor 983/KASAD/ PNTP/50 tanggal 20 Juli 1950 tentang wilayah Indonesia menjadi 7 Teritorium, dan Jawa Tengah menjelma menjadi Teritorium IV sebagai pengganti nama Divisi III yang meliputi wilayah Jawa Tengah, yang pada saat itu terdiri atas 8 Brigade. Pada tanggal [[5 Oktober]] [[1950]] bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke 5 Angkatan Perang Republik Indonesia (APRI), dengan Surat Keputusan Panglima Teritorium IV Divisi Diponegoro nomor 34/B-4/D. III/50 secara resmi berlakunya dan harus dipakainya emblim Divisi Diponegoro sekaligus menghapus semua emblim yang dipakai sebelumnya, dan selanjutnya oleh Panglima ([[Kolonel]] [[Gatot Soebroto]]) ditetapkannya bahwa hari jadi [[Kodam IV/Diponegoro|Kodam VII/Diponegoro]] adalah tanggal [[1 Maret]] [[1951]]. Dengan mengenang sejarah berdirinya [[Korem 073/Makutarama]] yang berkedudukan di [[Kota Salatiga]] sesuai dengan Keputusan Panglima [[Kodam IV/Diponegoro|Kodam VII/Diponegoro]], hal ini erat kaitannya dengan berdirinya Kodim 0714/Salatiga yang pada awalnya berdasarkan catatan sejarah Kodim-Kodim dibawahdi bawah komando langsung dari [[Kodam IV/Diponegoro|Kodam VII/Diponegoro]]. (sumber dari buku sejarah Penggalian Hari Jadi Korem 073/Makutarama). Dalam rangka pembinaan Personel, sesuai dengan pembangunan Angkatan Darat dan selaras dengan Doktrin perang wilayah-wilayah pada saat itu, maka Panglima [[Kodam IV/Diponegoro|Kodam VII/Diponegoro]] [[Brigadir Jenderal]] [[TNI]] [[M. Sarbini]] mengeluarkan Surat Keputusan dengan nomor : KPTS-207/5/1961 tanggal 29 Agustus 1961 untuk :
Menghapus/meniadakan organisasi Menif 12 s/d 15, Korem-Korem Semarang dan Pekalongan dari Struktur Organisasi [[Kodam IV/Diponegoro|Kodam VII/Diponegoro]].
 
1.110.657

suntingan