JScript: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
13 bita ditambahkan ,  13 tahun yang lalu
k
Robot: Cosmetic changes
k (bot Menambah: is:JScript)
k (Robot: Cosmetic changes)
 
Versi terbaru dari JScript adalah [[JScript .NET]], yang dibuat berdasarkan edisi keempat dari standar ECMAScript, dan dapat dikompilasi dengan menggunakan platform [[Microsoft .NET Framework]]. JScript .NET menambahkan beberapa fitur baru terhadap ECMAScript edisi ketiga, seperti halnya anotasi tipe statis opsional.
== Versi ==
=== JScript ===
JScript yang asli adalah sebuah mesin ''[[Active Scripting]]''. Seperti halnya bahasa ''Active Scripting'' lainnya, JScript dibangun di atas platform [[OLE Automatiom|COM/OLE Automation]] dan menyediakan kemampuan ''scripting'' bagi beberapa aplikasi yang berjalan di atasnya. JScript ini merupakan versi yang digunakan ketika menampilkan halaman web di dalam Microsoft Internet Explorer, di dalam aplikasi [[HTML]]/[[DHTML|Dynamic HTML]], dalam [[Active Server Pages]], [[Windows Scripting Host]], dan beberapa lingkungan otomatisasi lainnya. JScript versi ini kadang-kadang disebut juga sebagai "''classic JScript''" atau "''Active Scripting JScript''", untuk membedakannya dengan versi yang berbasis platform [[.NET Framework|.NET]].
 
</center>
JScript juga terdapat di dalam platform [[Windows CE]] ([[Windows Mobile]] telah memilikinya secara baku akan tetapi pada Windows Embedded CE memilikinya sebagai sebuah fitur opsional). Sayangnya, versi Windows CE ini memiliki kekurangan pada Active Debugging.
=== Managed JScript ===
Managed JScript adalah sebuah implementasi JScript untuk platform [[Dynamic Language Runtime]] (DLR), yang merupakan bagian dari beberapa [[bahasa dinamis]] untuk .NET bersamaan dengan [[IronRuby]], [[IronPython]], dan [[Dynamic Visual Basic]]. Tidak seperti [[JScript .NET]] yang kurang dinamis dibandingkan dengan JScript yang asli (meski memiliki kompatibilitas terhadap [[Common Language Specification]] (CLS)), Managed JScript didesain di atas DLR dan menyediakan fitur-fitur yang dibutuhkan untuk beberapa skenario skripting. Rencananya, Managed JScript ini akan dijadikan sebuah bagian dari [[Microsoft Silverlight|Microsoft Silverlight 1.1]] dan versi selanjutnya dari [[ASP.NET]].
=== JScript .NET ===
JScript .NET merupakan implementasi JScript dalam Microsoft .NET Framework. Bahasa ini mendukung ''[[Common Language Specification]]'' (CLS) dan secara otomatis membawa semua keunggulan yang ditawarkan oleh CLS, tetapi tidak memiliki beberapa fitur yang dimiliki oleh bahasa JScript yang asli, sehingga membuatnya kurang cocok digunakan untuk beberapa skenario skripting.
 
 
Catatan: Versi-versi JScript .NET tidak berhubungan sama sekali dengan versi-versi JScript klasik. JScript dan JScript .NET merupakan dua produk yang benar-benar berbeda. Meskipun JScript .NET juga tidak didukung oleh ''[[Integrated Development Environment]]'' (IDE) [[Microsoft Visual Studio]], versinya memiliki korelasi dengan versi-versi bahasa .NET lainnya ([[C sharp|C#]], [[Visual Basic .NET]], dan [[Visual C++]]) yang dibawa oleh versi Visual Studio tersebut.
== Perbedaan dengan JavaScript ==
Selain pada perbedaan implementasi internal, JScript menggunakan metode ''[[garbage collection]]'' ''mark-and-sweep'' secara ''non-generational'', tetapi JavaScript menggunakan metode ''garbage collection'' ''mark-and-sweep'' secara ''generational''.
== Pranala luar ==
*[http://msdn2.microsoft.com/en-us/library/hbxc2t98.aspx Dokumentasi JScript klasik di dalam MSDN Library]
*[http://msdn2.microsoft.com/en-us/library/72bd815a(vs.71).aspx Dokumentasi JScript .NET di dalam MSDN Library]
*[http://www.ecma-international.org/publications/files/ecma-st/ECMA-262.pdf Spesifikasi ECMA-262]
{{bahasa-komputer-stub}}
 
[[Kategori:Keluarga bahasa pemrograman JavaScript]]
[[Kategori:Bahasa skrip]]
259.487

suntingan

Menu navigasi