Penandaan kelas kata: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Addbot (bicara | kontrib)
k Bot: Migrasi 9 pranala interwiki, karena telah disediakan oleh Wikidata pada item d:q1271424
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Baris 1: Baris 1:
Dalam [[linguistik]], '''penandaan kelas kata''' ({{lang-en|part-of-speech tagging}} atau disingkat '''POST''') adalah proses penandaan [[kata]] pada suatu [[teks]] ([[korpus]]) dalam kaitannya dengan suatu [[kelas kata]] tertentu berdasarkan definisi dan [[makna]]nya--hubungannya dengan kata yang mendampingi atau yang terkait dengannya pada suatu [[frasa]], [[kalimat]], atau [[paragraf]]. Bentuk sederhana proses ini adalah identifikasi kata sebagai [[nomina]], [[verba]], [[adjektiva]], [[adverbia]], dll. POST merupakan bagian kajian [[linguistik komputasional]] dan [[pemrosesan bahasa alami]] serta dilakukan melalui [[algoritme]] yang menghubungkan suatu istilah terpisah, berikut bagian tersembunyi wicara, dengan himpunan tanda deskriptif.
Dalam [[linguistik]], '''penandaan kelas kata''' ({{lang-en|part-of-speech tagging}} atau disingkat '''POST''') adalah proses penandaan [[kata]] pada suatu [[teks]] ([[korpus]]) ang mendampingi atau yang terkait dengannya pada suatu [[frasa]], [[kalimat]], atau [[paragraf]]. Bentuk sederhana proses ini adalah identifikasi kata sebagai [[nomina]], [[verba]], [[adjektiva]], [[adverbia]], dll. POST merupakan bagian kajian [[linguistik komputasional]] dan [[pemrosesan bahasa alami]] serta dilakukan melalui [[algoritme]] yang menghubungkan suatu istilah terpisah, berikut bagian tersembunyi wicara, dengan himpunan tanda deskriptif.


{{ling-stub}}
{{ling-stub}}

Revisi per 4 Januari 2017 08.44

Dalam linguistik, penandaan kelas kata (bahasa Inggris: part-of-speech tagging atau disingkat POST) adalah proses penandaan kata pada suatu teks (korpus) ang mendampingi atau yang terkait dengannya pada suatu frasa, kalimat, atau paragraf. Bentuk sederhana proses ini adalah identifikasi kata sebagai nomina, verba, adjektiva, adverbia, dll. POST merupakan bagian kajian linguistik komputasional dan pemrosesan bahasa alami serta dilakukan melalui algoritme yang menghubungkan suatu istilah terpisah, berikut bagian tersembunyi wicara, dengan himpunan tanda deskriptif.