Lompat ke isi

Devaluasi: Perbedaan antara revisi

2 bita ditambahkan ,  6 tahun yang lalu
k
Bot: Penggantian teks otomatis (- tapi + tetapi)
k (Bot: Penggantian teks otomatis (- milyar + miliar))
k (Bot: Penggantian teks otomatis (- tapi + tetapi))
'''Devaluasi''' adalah menurunnya nilai [[mata uang]] dalam negeri terhadap mata uang luar negeri. Jika hal tersebut terjadi, biasanya pemerintah melakukan intervensi agar nilai mata uang dalam negeri tetap stabil. Istilah devaluasi lebih sering dikaitkan dengan menurunnya nilai uang satu negara terhadap nilai mata uang asing. Devaluasi juga merujuk kepada kebijakan pemerintah.
== Devaluasi di Indonesia ==
Walaupun Soeharto selalu berpidato soal tidak ada devaluasi, tapitetapi sepanjang pemerintahannya telah terjadi 4 kali devaluasi.
=== 21 Agustus 1971 ===
Masa pemerintahan Presiden Suharto (Orde Baru) melalui Menkeu [[Ali Wardhana]]. [[Amerika Serikat]] pada 15 Agustus 1971 harus menghentikan pertukaran dolar dengan [[emas]]. Presiden [[Richard Nixon]] cemas dengan terkurasnya cadangan emas AS jika dollar dibolehkan terus ditukar emas, sedang nilai waktu itu US$34,00 sudah bisa membeli 1 onz emas. Soeharto tidak bisa mengelak dari dampak gebrakan Nixon dan Indonesia mendevaluasi Rupiah pada [[21 Agustus]] 1971 dari Rp378,00 menjadi Rp415,00 per 1 US$.
692.563

suntingan