Daihatsu Luxio: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
1.873 bita dihapus ,  4 tahun yang lalu
tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
 
'''Daihatsu Luxio''' adalah mobil minibus yang diproduksi oleh pabrikan otomotif [[Jepang]], [[Daihatsu]] di Indonesia melalui PT. Astra Daihatsu Motor. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada tanggal [[26 Februari]] [[2009]]. Mobil ini merupakan versi mewah dari [[Daihatsu Gran Max]] minibus, dan ditujukan sebagai kendaraan penumpang, dibandingkan Gran Max yang lebih ditujukan sebagai kendaraan komersial.
 
== Sejarah ==
Sebenarnya cikal bakal [[Daihatsu Luxio]] dan Daihatsu Gran Max adalah Daihatsu Zebra Hijet yang kemudian [[Daihatsu]] meluncurkan versi Faceliftnya yang diberi emblem "[[Daihatsu Zebra Espass]]" pada tahun [[1994]]. secara tampilan eksterior jauh lebih modern dari rivalnya seperti [[Suzuki Carry]] yang terlihat kaku dan seperti bus yang dikecilkan, sedangkan pada Interior pihak [[Daihatsu]] mengusung konsep sedan yang dijadikan minibus, posisi kemudi Espass didesain seperti sedan. Secara performa Espass Karbu menggunakan 2 jenis mesin yaitu 1600cc dengan Tenaga maksimal 90 PS dan mesin 1300 cc dengan tenaga maksimal 78 PS. secara performa Espass 1600 cc versi karbu mampu mengalahkan Suzuki Carry 1.5 Carbu yang hanya bertenaga 82 PS, namun Carry lebih diminati karena sparepart yang mudah, bensin lebih irit dan mesin lebih bandel dari Espass. Pada tahun 2000 Daihatsu mulai menghapus emblem "Espass"
seiring dengan penggunaan versi mesin Injeksi, pada versi mesin injeksi Daihatsu menawarkan 3 Tipe mesin yaitu 1600cc (Eksekutif) bertenaga 100 PS, 1500 cc (ZSX, ZX) bertenaga 90 PS dan 1300 cc (ZLX, ZL) bertenaga 81 PS. namun untuk versi Injeksi versi 1300 cc yang paling diminati, karena konsumsi BBM yang lebih irit dari tipe mesin yang lain, keiritan Espass 1.3i mampu menyamai keiritan Carry 1.5i yang bertenaga 87 PS. Pada tahun [[2006]] produksi Daihatsu Zebra dihentikan, dan diteruskan oleh [[Daihatsu Luxio]] dan [[Daihatsu Gran Max]] yang memiliki dua pilihan mesin bensin, yaitu [[Mesin K Toyota|K3-DE]] 1.300cc DOHC berpendingin air (tenaga maks 88 PS/ 6000 rpm) dan [[Mesin SZ Toyota|KSZ-VE]] 1.500cc DOHC [[VVT-i]] (tenaga maks. 97 PS/5600 rpm). Sedangkan Luxio hanya menggunakan mesin 1.5 VVT-i. Luxio menggunakan konsep eksterior ''Mini Alphard" yaitu Alphard yang dikecilkan dan Alphard yang dapat dijangkau dibawah Rp.200 Juta.
 
== Mesin ==
93

suntingan

Menu navigasi