Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/Rahmatdenas untuk pengurus 27 Juni 2023/STJ: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Baris 184: Baris 184:
#{{PP pertanyaan
#{{PP pertanyaan
|T= Wikipedia bahasa Indonesia tidak membatasi kita untuk mengutip sumber, namun kita juga harus memilih mana sumber yang terpercaya. Menurut anda, apakah sumber yang berasal dari media sosial (seperti facebook, instagram, dsb) itu terpercaya?
|T= Wikipedia bahasa Indonesia tidak membatasi kita untuk mengutip sumber, namun kita juga harus memilih mana sumber yang terpercaya. Menurut anda, apakah sumber yang berasal dari media sosial (seperti facebook, instagram, dsb) itu terpercaya?
|J=Sumber media sosial adalah sumber primer. Mengandalkan/menjadikan sumber primer bukanlah gaya Wikipedia. Media sosial dapat dirujuk tetapi sifatnya melengkapi.
|J=
}}
}}
#{{PP pertanyaan
#{{PP pertanyaan
|T= Vandalisme di Wikipedia bahasa Indonesia sudah sangat sering sekali terjadi. Menurut anda, apa yang bisa menyebabkan vandalisme itu terjadi?
|T= Vandalisme di Wikipedia bahasa Indonesia sudah sangat sering sekali terjadi. Menurut anda, apa yang bisa menyebabkan vandalisme itu terjadi?
|J= Vandalisme keniscayaan, motifnya bisa disengeja atau tidak. Pertanyaannya yg selalu jadi bahan pikiran sebenarnya bukan penyebab, tapi bagaimana memperkecil (karena tidak bisa kita meniadakannya) potensi pengguna melakukan vandal, misal dengan filter.
|J=
}}
}}
#{{PP pertanyaan
#{{PP pertanyaan
|T= Seperti yang kita tahu, memblokir pengguna anonim selamanya akan membuat pengguna lain dengan alamat IP yang kebetulan sama akan kesulitan berkontribusi. Apa solusi terbaik yang anda tawarkan untuk hal ini?
|T= Seperti yang kita tahu, memblokir pengguna anonim selamanya akan membuat pengguna lain dengan alamat IP yang kebetulan sama akan kesulitan berkontribusi. Apa solusi terbaik yang anda tawarkan untuk hal ini?
|J= Karena saya tidak mengerti teknis sampai saat ini, saya tidak bisa menjawab. Mohon maaf.
|J=
}}
}}
#{{PP pertanyaan
#{{PP pertanyaan

Revisi per 25 Juni 2023 10.58

Berikut merupakan halaman sesi tanya jawab untuk calon pengurus Wikipedia bahasa Indonesia tahun 2023, Rahmatdenas (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth.

Sesi tanya jawab berlangsung mulai pukul 00.00 UTC tanggal 12 Juni 2023 dan berakhir pada pukul 23.59 UTC tanggal 25 Juni 2023. Proses pemilihan akan berlangsung jika calon pengurus telah memberi konfirmasi persetujuan dengan menandatangani pada bagian yang telah disediakan di halaman pemilihan.

Format

Tambahkan pertanyaan di bawah baris dengan menggunakan format berikut:

#{{PP pertanyaan
|T= Pertanyaan
|J= Jawaban
}}

Pertanyaan

  1. Dari pengalaman Anda sebagai pengguna yang telah lama bergabung dan berkecimpung di Wikipedia, bagaimana tanggapan Anda melihat trend dikalangan Pengurus yang kadang datang dan pergi serta jarang aktif atau bahkan tidak aktifnya Pengurus tersebut tanpa adanya informasi atas ketidakaktifannya itu misalnya selama beberapa bulan terakhir ? Bagaimana juga tanggapan Anda terhadap tanggung jawabnya sebagai pengurus ?? Apakah Anda memiliki saran tertentu dalam hal ini ?
    Yang saya pahami konteks tanggung jawab seorang pengurus adalah bagaimana dia menggunakan peralatan istimewa mereka. Kalau ada yang tidak aktif dan perlu dievaluasi, sudah ada mekanismenya: Wikipedia:Kebijakan mengenai kepengurusan#Pencabutan status pengurus.

Terimakasih. Ariandi Lie Ngobrol aja 14 Juni 2023 09.43 (UTC)[balas]

Dimas Laksani

Terkhusus untuk bung Rahmatdenas, saya juga memiliki beberapa pertanyaan bung.

  1. Dalam pengalaman anda sebagai pengguna Wikipedia bahasa Indonesia kurang lebih 10 tahun ini, apa tantangan terbesar yang pernah Anda hadapi, dan bagaimana Anda mengatasinya?
    Tantangan yang ada, sejauh ini bisa saya atasi. Saya beberapa kali frontal menyisir dan membasmi suntingan-suntingan ngawur/promosi/tidak mengindikasikan kepentingan, yang berakibat pada ancaman verbal di halaman pembicaraan. Saya sempat berpikir untuk beranjak dari konfrontasi, tapi saya renungkan lagi, kalau saya tidak peduli, suntingan semacam itu bakal membiak. Jadi preseden buruk (ketika ada pengguna yang membuat artikel tidak layak, dia sebut karena mencontoh artikel lain). Tentu saja ini merusak/berdampak pada keandalan Wikipedia bahasa Indonesia (WBI) sendiri. Saya tidak ingin WBI memuat "apa saja" (asal ada di internet, berarti ada di sini). Padahal, Wikipedia:Keberadaan_≠_Kelayakan.
  2. Bagaimana Anda akan mengintegrasikan pengalaman dan pengetahuan Anda dalam mendukung pengguna baru di Wikipedia Bahasa Indonesia?
    Saya rutin memberi apresiasi kepada pengguna baru yang suntingannya sudah mengarah/memenuhi kriteria dan gaya (walaupun sesederhana mengucapkan terima kasih). Sesekali, saya memberikan bantuan teknis dengan langsung terlibat dalam apa yang mereka sunting. Untuk hal terakhir ini, ini adalah pengalaman pribadi saya yang berkesan ketika awal berkontribusi sepuluh tahun lalu. Ada seroang pengurus yang mau meningkatkan mutu dan mendorong artikel saya untuk menjadi artikel pilihan. Di luar itu, jika mereka bertanya di halaman pengguna saya, saya menjawab.
  3. Jika anda terpilih, bagaimana Anda akan memberikan panutan dan membantu pengurus/sysop lain dalam menghadapi situasi yang kontroversial di Wikipedia Bahasa Indonesia?
    Dalam konteks situasi yang kontroversial yang terkait satu pengguna, pendekatannya bisa dimulai dari personal (halaman pembicaraan pengguna). Kalau antarpengguna,saya tidak punya pengalaman tersebut. Jika konteksnya artikel, tentu memaksimalkan fungsi halaman pembicaraan artikel. Menjadi mediator menurut saya itu sudah membantu.
  4. Bagaimana Anda akan memastikan adanya transparansi dan akuntabilitas dalam pengambilan keputusan yang mempengaruhi Wikipedia Bahasa Indonesia?
    Saya tidak tahu apakah ada kebijakan yang tidak transparan dan tidak akuntabel selama ini? Apakah menurut bung Dimas ada? Kalau ditanya cara memastikan, saya tidak punya pengalaman/kapasitas ke arah sana.
  5. Apakah ada pedoman atau peraturan yang sering kali diabaikan atau disalahpahami oleh pengguna di Wikipedia Bahasa Indonesia, dan bagaimana Anda akan mengatasi hal ini?
    WP:109SURATKABAR: Cara yang saya tempuh selama ini menyisir artikel yang tidak memenuhi Wikipedia:Kelayakan artikel, lalu memberi penjelasan secara personal, sebatas yang saya bisa. Menurut saya pedomanannya sudah jelas, tapi itu tadi, penyebabnya adalah preseden buruk. Banyak artikel Wikipedia yang belum layak "lolos" dari pantauan. Tentu saja ini tugas ktia bersama mengatasinya.
  6. Bagaimana Anda akan merespons situasi di mana ada pengguna veteran juga yang melanggar pedoman atau peraturan yang ada di Wikipedia Bahasa Indonesia.
  7. Saya lihat anda juga aktif di Commons. Dalam pengalaman Anda, apa tantangan terbesar yang pernah Anda hadapi terkait dengan penggunaan gambar atau berkas yang melanggar hak cipta, dan jika ada bagaimana Anda mengatasi masalah tersebut?
  8. Bagaimana Anda akan memastikan bahwa gambar atau berkas yang digunakan di Wikipedia Bahasa Indonesia memiliki lisensi dan hak cipta sesuai?
  9. Apakah Anda memiliki pengalaman dalam menghadapi vandalisme atau penyuntingan yang merugikan dari penyunting anonim atau yang hanya menggunakan alamat IP?
  10. Apakah Anda memiliki pendekatan khusus dalam menyampaikan pedoman dan nasihat kepada pengguna anonim atau yang hanya menggunakan alamat IP terkait etika dan tata krama dalam penyuntingan Wikipedia?
  11. Apa kelemahan anda dalam berwikipedia dan bagaimana strategi anda untuk menghadapi kelemahan tersebut? (jika merasa tidak ada tidak perlu dibuat-buat)
  12. Apa harapan anda untuk Wikipedia Bahasa Indonesia kedepannya?

Terima kasih bung. Salam. ✿Dimas Laksani✿ 12 Juni 2023 01.17 (UTC) [balas]

Mars1515323

  1. Hal apa yang meyakinkan dari anda supaya para pengguna memilih anda menjadi seorang pengurus?
    Saya tidak menyodorkan diri. Karena secara pribadi juga tidak ada untungnya. Saya bersedia ikut pencalonan karena sebelum ini pun saya sudah banyak mendikasikan waktu (terutama patroli), hanya saja tindakan yang saya lakukan terbatas, sehingga malah saya meminta bantuan pengurus lain.
  2. Hal apa yang menurut anda menyenangkan sebagai kontributor di WBI?
    Meningkatkan keterandalan WBI. Untuk sampai ke titik ini, mungkin perlu waktu lama. Seperti kebanyakan pengguna, saya berkontribusi pada topik yang saya sukai dan bidang yang saya dalami, dengan sumber2 yang saya miliki, secara sadar dan sukarela melepaskan kontribusi saya ke WBI.
  3. Apa kontribusi anda di WBI yang anda banggakan?
    Membuat beberapa artikel pilihan dan artikel bagus, dengan sumber yang hanya bisa diakses offline atau membelinya. Bisa dilihat di galeri halaman pengguna saya
  4. Sebutkan masing-masing topik di WBI yang paling anda minati serta tidak anda minati beserta alasannya?
    Yang saya sukai: sejarah, karena bidang yang saya geluti, dan saya bisa mengusahakan akses ke sumber. Meski begitu, saya tidak membatasi topik lain, jadi sulit menjawab topik yang tidak saya minati.
  5. Menurut anda, bagaimana kondisi komunitas WBI saat ini? Apa yang sudah baik? Dan apa yang perlu diubah?
  6. Apa yang perlu ditingkatkan dari WBI saat ini untuk memperkuat dan memperbesar komunitas, terutama untuk pengurus?
  7. Apa pandangan Anda mengenai aksi vandalisme?
    Ya, harus dibasmi dan diberantas, caranya ya dengan rutin patroli. Tidak hanya patroli perubahan terbaru, tapi patroli ke secara umum.
  8. Terkait dengan pertanyaan sebelumnya, apa solusi anda untuk perang suntingan dan vandal yang berlarut-larut?
    Melacak apa yang jadi sumber perang suntingan (misalnya suatu klaim). Pihak yang berkonflik dibawa diskusi ke halaman pembicaraan. Pengurus bisa ambil peran sebagai mediator. Rahmatdenas (bicara) 22 Juni 2023 05.22 (UTC)[balas]
  9. Terakhir, menurut anda apa konflik yang tidak penting untuk ditangani? Dan mengapa?
    Saya tidak mengerti maksud "konflik yang tidak penting"? Bisa diberi contoh? Secara ringkas, kalau sesuai sudah menjadi konflik, tentu harus ada tindakan.

Terima kasih. Mars1515323 (bicara) 13 Juni 2023 02.45 (UTC)[balas]

F1fans

Saya hanya menanyakan hal yang paling mendasar saja untuk pengurus.

  1. Apa yang Anda lakukan jika menemukan berkas-berkas yang memiliki riwayat berkas versi lama yang seharusnya dihapus sesuai aturan tapi sampai saat ini masih ada termuat seperti contoh berkas yang ini?
    Dalam kasus di atas, berarti ini PR terbengkalai. Sederhananya, ya dituntaskan (ya dihapus). Siapapun pengurus bisa berinisiatif menyelesaikan PR terbengkalai.
  2. Bagaimana Anda menyikapi diskusi yang terbengkalai, entah memang karena tidak ada yang memantau atau karena sedikitnya peserta yang berpartisipasi. Sementara di sisi lain kita juga tidak bisa melakukan kanvasing karena terbentur peraturan di Wikipedia ini. Sebagai contoh saya memberikan contoh untuk diskusi penggabungan karakter Upin dan Ipin yang tadinya saya harapkan bisa digabungkan karena isi artikelnya sama persis dan hanya beda sedikit.
    Kalau dalam konteks yang Bung F1 sebutkan, dan ini sering terjadi, pengguna yang menginisasi tidak perlu menunggu lama untuk mengambil tindakan, selama dia sudah membeberkan urgensi tindakannya dan membuka ruang diskusi. Kurangnya partisipasi tidak perlu digenjot dengan kanvasing, cukup mem-ping pengguna yang dianggap konsern terhadap isu yang sedang dibicarakan. Nah, akan sangat membantu jika pengurus mem-ping pengguna tsb (kalau pengguna baru kan tidak tahu siapa saja pengguna yang bakal pas untuk diajak diskusi). Contoh ternayar ya seperti diskusi topik terbaru di Wikipedia:Warung Kopi (Bahasa).

    Kalau pengguna yang menginisasi ternyata malah dia yang AFK, saran saya pengguna yang mengambil alih cukup membuat pemberitahuan di utas baru soal tindakan yang akan dilakukan (meninmbang diskusi terbengkalai, bla bla bla...). Jika nanti ada pengguna yang mempersoalkan, maka diskusinya bisa dihidupkan lagi.

Demikian. Salam F1fans (bicara) 13 Juni 2023 02.55 (UTC)[balas]

Juxlos

  1. Dari pengalaman saya menulis tentang biografi tokoh kontemporer, 70-80% biografi politikus Indonesia terlihat seperti entah CV atau ditulis oleh tim media politisi tersebut. Hal ini juga berlaku untuk artikel-artikel perusahaan, daerah (biasanya kabupaten/kota), dan organisasi lain. Bagaimana pendapat anda tentang penyunting dengan konflik kepentingan, mengingat tingkat aktivitas di WBI yang harus diakui masih di bawah misalkan enWiki?
    Ketegasan saja untuk memberi tindakan yang sesuai (karena kalau dibiarkan berlarut-larut, pengguna lain bakal mencontoh dan dianggap wajar). Dalam hal artikel yang bernuansa promosi, mungkin saya cenderung ke deletionis (jika subjeknya layak, maka bagian yang bersifat promosi saja yang dihapus). Kalau konflik kepentingan, kita bisa minta pertanggungjawaban dari pengguna ybs (bisa berupa penyingkapan). Kalau sudah diminta pertanggungjawabannya, tapi tidak ditanggapi, maka dihapus.
  2. Haruskah WBI menggunakan lebih banyak alat moderasi otomatis (bot, secara umum)?
    Sampai saat ini, saya tidak menggunakan bot, saya patroli manual (saya mungkin akan mempelajarinya). Karena tidak punya pengalaman itu, jadi saya tidak punya pendapat.
  3. Apakah menurut anda jumlah dan aktivitas pengurus yang ada di WBI memadai saat ini?
    Masih kurang, karena saat ini saya masih sering melihat artikel yang diberi tag tertentu dan jatuh tempo tanpa tindakan.

Sekian. Juxlos (bicara) 13 Juni 2023 09.44 (UTC)[balas]

Fazoffic

Teruntuk calon pengurus yang terhormat, saya hanya akan menyampaikan 5 pertanyaan yang singkat-singkat saja. Saya harap anda dapat meresponnya dengan sebaik mungkin.

  1. Apa yang akan anda lakukan jika menghadapi pengguna yang keras kepala dan selalu menganggap bahwa versi suntingannya selalu benar?
  2. Apakah anda mempunyai pengalaman khusus terkait vandalisme? Misalnya ikut serta dalam diskusi mengenai dugaan akun siluman dan sebagainya?
  3. Apa pendapat anda mengenai kontributor yang dibayar oleh sebuah perusahaan/individu untuk membuat sebuah artikel tentang mereka di Wikipedia?
  4. Apabila anda terpilih sebagai pengurus, kira-kira apakah anda akan mengusulkan kebijakan baru untuk Wikipedia Indonesia?
  5. Kita sering menemukan sejumlah artikel biografi menggunakan {{Infobox orang}} yang langsung menghubungkan informasi pada artikel dengan Wikidata sebagai pengganti infobox yang diisi secara manual. Menurut anda, manakah yang lebih baik antara templat tersebut ataukah mengisi infobox secara manual?

Terima kasih atas jawaban anda.▪ ꦩꦣꦪ. Fazoffic ( ʖ╎ᓵᔑ∷ᔑ) 13 Juni 2023 10.01 (UTC)[balas]

RaFaDa20631

  1. Bagaimana cara menangani proposal kebijakan dan pedoman terbengkalai dengan cara Anda sendiri?
  2. Pernahkah Anda menangani suatu berkas bermasalah (seperti mengusulkan penghapusan dll.) atau berdrama dengan warga Wikimedia Commons?
  3. Bagaimana cara menangani Kategori:Gambar tanpa informasi sumber yang saat ini ternyata setelah dicek satu-satu, banyak berkasnya yang memiliki sumber tidak jelas, atau tidak memiliki alasan penggunaan media nonbebas ({{Non-free use rationale}}/{{Non-free use rationale 2}})?

Nuwun RaFaDa20631 (bicara) 14 Juni 2023 07.20 (UTC)[balas]

Nara Fortice

  1. Wikipedia bahasa Indonesia tidak membatasi kita untuk mengutip sumber, namun kita juga harus memilih mana sumber yang terpercaya. Menurut anda, apakah sumber yang berasal dari media sosial (seperti facebook, instagram, dsb) itu terpercaya?
    Sumber media sosial adalah sumber primer. Mengandalkan/menjadikan sumber primer bukanlah gaya Wikipedia. Media sosial dapat dirujuk tetapi sifatnya melengkapi.
  2. Vandalisme di Wikipedia bahasa Indonesia sudah sangat sering sekali terjadi. Menurut anda, apa yang bisa menyebabkan vandalisme itu terjadi?
    Vandalisme keniscayaan, motifnya bisa disengeja atau tidak. Pertanyaannya yg selalu jadi bahan pikiran sebenarnya bukan penyebab, tapi bagaimana memperkecil (karena tidak bisa kita meniadakannya) potensi pengguna melakukan vandal, misal dengan filter.
  3. Seperti yang kita tahu, memblokir pengguna anonim selamanya akan membuat pengguna lain dengan alamat IP yang kebetulan sama akan kesulitan berkontribusi. Apa solusi terbaik yang anda tawarkan untuk hal ini?
    Karena saya tidak mengerti teknis sampai saat ini, saya tidak bisa menjawab. Mohon maaf.
  4. Jika pertanyaan di atas adalah mengenai vandalisme dan pendekatan masing-masing calon pengurus dalam hal menanganinya, maka saya akan bertanya: apakah anda pernah melakukan tindak vandalisme? Jika pernah, tindak vandalisme apa yang telah anda lakukan? (Jika pertanyaan ini dirasa mengganggu maka silakan lewati saja)

Terima kasih dan semoga terpilih! NFortice(talk) 16 Juni 2023 12.34 (UTC)[balas]

Lihat pula