Istari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Istari adalah nama kaum penjelajah baik waktu dan tempat yang dikishakan dalam novel epik The Silmarilion dan The Lord of the Rings karya penulis Inggris, J. R. R. Tolkien. Istari juga diartikan sebagai kaum penyihir yang diutus para valar untuk membantu anak anak Iluvatar yaitu para Manusia dan Elf (Dunia Tengah) untuk menghadapi kebangkitan Sauron yang ingin menguasai dunia

Pada tahun sekitar TA 1000, Manwë menyadari bahwa semangat dari letnan Morgoth yang paling berkuasa yaitu Sauron sedang mengumpulkan kekuatan untuk berkuasa lagi, maka ia memanggil dewan Valar untuk mengirim lima utusan ke Dunia Tengah untuk melindungi orang-orang yang merdeka dan meyakinkan mereka bahwa Valar tidak melupakan mereka. Dua Maiar datang, Curumo (kemudian dikenal sebagai Saruman) yang dikirim oleh Aule, dan Alatar (Morinehtar), dikirim oleh Oromë. Manwë bertanya di mana Olórin itu, dan dia datang, setelah kembali dari perjalanan. Manwë meminta Olórin (kemudian yang dikenal sebagai Gandalf) jika dia akan pergi sebagai utusan ketiga. Olórin mengatakan bahwa ia terlalu lemah, dan ia takut menghadapi Sauron, namun Manwë mengatakan bahwa itu semua adalah alasan untuk mengirimnya pergi, dan bahwa ia memerintahkan Olórin untuk pergi sebagai utusan yang ketiga. Kemudian Varda mengatakan "Tidaklah seharusnya ia yang ketiga." Yavanna memohon Curumo untuk mengambil Aiwendil (Radagast), dan Alatar mengambil Pallando (Rómestámo) sebagai temannya. Mereka dilarang untuk mendominasi orang-orang bebas dari Dunia Tengah atau untuk mencocokkan kekuatan Sauron dengan kekuatannya namun diwajibkan untuk bijak dalam hak ini. Ketika Saruman, yang terbesar dari para Wizards, tidak taat perintah ini, ia dicampakkan dan diusir dari Valinor.

Wizards yang dikenal dengan berbagai nama, dan tersusun dalam berbagai warna. Dari mereka yang datang ke Middle-earth dan dikirim oleh para Valar, lima yang diketahui, yang dikenal sebagai Istarion (Order of Wizards) atau Istari. Setelah tiba di Middle-earth, dua Blue Wizards tampaknya pergi ke daerah timur sebelum Perang Cincin; apakah mereka memainkan peran dalam peristiwa perang yang saat ini tidak diketahui. (Menurut surat Tolkien mereka mungkin telah membentuk kultus untuk ibadah sihir dan praktik praktik ilmu hitam di antara Easterling.) Radagast the Brown yang bersangkutan dengan alam terutama dengan tumbuhan dan hewan, dan tinggal di Mirkwood selama bertahun-tahun. Curumo (atau Curunir, juga dikenal sebagai Saruman) dan Olórin menghabiskan waktu dengan Masyarakat Bebas, Peri, Kurcaci, dan Manusia. Curunir bijaksana dan dihormati dan menjadi kepala Dewan Putih di TA 2463. Namun, ia menjadi sombong dan iri pada potensi dan kemurnian semangat Gandalf, yang akhirnya akan melampaui dia dalam kekuasaannya. Saruman perlahan datang untuk mengkhianati tujuan asal dari tugas para Wizards, dan mencari kekuasaan untuk dirinya sendiri. Selama Perang Cincin ia digulingkan, dan ia akhirnya tewas oleh hamba tersiksanya Grima Wormtongue, yang menggorok lehernya setelah usaha yang gagal untuk memerintah Shire.

Pada akhir Zaman Ketiga, para Wizards berlalu dari pandangan publik dan menghilang dengan jatuhnya Sauron pekerjaan mereka telah dilakukan. Gandalf melewati Lautan dan menuju ke Valinor dengan Kuda terakhir dari Keepers of the Rings. Saruman menjadi roh yang tak bernyawa dan telanjang tanpa fisik dan berjalan di dataran Midlle-Earth selamanya, karena ia dibuang dari Valinor. Radagast tinggal memilih untuk menetap di Midlle-Earth karena ikatan batinya semakin kuat antara alam Arda dengannya, teristimewa alam hutan yang menjadi tempat tinggalnya selama ini, setelah perang berakhir ia berniat mempelajari padang gurun dan menetap disana pada akhirnya. Nasib Blue Wizards tidak diketahui sampai akhir.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]