Iss Pyaar Ko Kya Naam Doon?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Iss Pyaar Ko Kya Naam Doon?
GenreDrama
Komedi romantis
SutradaraNissar Parvez
Maan Singh
Arshad Khan
Lalit Mohan
Pengarah kreatifMadhura Rapsang
Megha S. Kumar<>Shivangi V Chauhan Babbar
Richa Singh Gautam
PemeranBarun Sobti
Sanaya Irani
Penggubah lagu temaRaju Singh
Lagu pembuka"Iss Pyaar Ko Kya Naam Doon?" Oleh Sadhana Sargam dan Javed Ali
Lagu penutupRabba Ve
Negara asalIndia
Bahasa asliHindi
Jmlh. musim3
Jmlh. episode405
Produksi
ProduserGul Khan
Nissar Parvez
Rajesh Chadha
SinematografiHrishikesh Gandhi
Pengaturan kameraMulti-camera
Durasi20 menit
Rumah produksi4 Lions Films
Rilis asli
JaringanStar Plus
Rilis06 Juni 2011 (2011-06-06) –
30 November 2012 (2012-11-30)
Acara terkait
Iss Pyaar Ko Kya Naam Doon? Ek Baar Phir
Iss Pyaar Ko Kya Naam Doon 3

Iss Pyaar Ko Kya Naam Doon? (Bahasa Indonesia: Apa Yang Harus Kita Namai Cinta Ini?) adalah serial televisi India yang ditayangkan di Star Plus mulai 6 Juni 2011 hingga 30 November 2012. Diproduksi oleh Gul Khan di bawah rumah produksi 4 Lions Films, dibintangi oleh Barun Sobti dan Sanaya Irani.[1] Ini adalah bagian pertama dari seri Iss Pyaar Ko Kya Naam Doon?.

Pada 24 November 2015, Hotstar meluncurkan serial web delapan episode, Iss Pyaar Ko Kya Naam Doon? – Ek Jashan, untuk memperpanjang alur cerita Iss Pyaar Ko Kya Naam Doon?. Barun Sobti dan Sanaya Irani mengulangi peran mereka masing-masing sebagai Arnav dan Khushi.[2][3]

Serial ini juga dialihsuarakan ke dalam bahasa Indonesia sebagai Khushi yang ditayangkan di SCTV pada tanggal 10 Oktober 2016.

Penayangan di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Musim Episode Awalnya Ditayangkan Keterangan Saluran TV
Pertama Ditayangkan Terakhir Ditayangkan
1 10 Oktober 2016 (2016-10-10) Tayang Perdana SCTV

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Ceritanya berkisar pada seorang taipan bisnis yang berbasis di Delhi , Arnav Singh Raizada (ASR), dan seorang gadis kelas menengah dari Lucknow, Khushi Kumari Gupta.

Khushi tersandung ke Arnav di Lucknow setelah secara tidak sengaja merusak salah satu acara promosi fesyennya. Arnav menuduh Khushi sengaja mengganggu pertunjukan. Khushi mengaku tidak bersalah. Hal ini menunda tugasnya terhadap pernikahan saudara perempuannya Payal, yang kemudian dibatalkan. Sementara itu, Khushi dilecehkan oleh penggoda malam dan diselamatkan oleh Shyam Manohar Jha, seorang pria yang sudah menikah, yang langsung tertarik pada kecantikannya dan mulai mengejar Khushi secara romantis. Ditegur oleh masyarakat, orang tua angkat Khushi memutuskan untuk mengirim Payal dan Khushi untuk tinggal bersama bibi dari pihak ayah mereka di Delhi. Khushi diadopsi karena orang tuanya meninggal dalam kecelakaan mobil ketika dia masih muda. Bibi dan paman dari pihak ibu telah memutuskan untuk menerimanya.

Kedua saudara perempuan itu tiba di Delhi untuk tinggal bersama bibi mereka. Saat bepergian dengan skuter, dia menabrak mobil Arnav. Dia menantangnya untuk membayar kerusakannya, dan Khushi menerimanya. Dia kemudian menjual sari Chikankaari asli Lucknow untuk membayar mobil Arnav yang rusak, dan dia berakhir di rumahnya, Shantivan, karena kesalahan. Dia bertemu saudara perempuan Arnav, Anjali, dan nenek dari pihak ibu, Devyani Devi, yang akrab dipanggil Naani. Keduanya langsung menyukai Khushi yang lincah dan ceria karena dia mengingatkan mereka pada kampung halaman mereka, Lucknow. Dia berhasil menjual sarinya dan mendapat pesanan yang lebih besar dari mereka, hanya untuk dijebak oleh bibi Arnav, Manorama, karena telah menjual saree yang robek. Dengan demikian, dia kehilangan pesanan dan mendapati dirinya tidak mampu mengumpulkan uang untuk membayar Arnav atas kerusakan mobil.

Kembali ke rumah bibinya, Shyam, yang merupakan suami Anjali, mencapai tempat Khushi sebagai seorang bujangan yang ingin bertunangan dengan Khushi. Khushi meminta Shyam untuk membantunya mendapatkan pekerjaan, dan dengan demikian dia sampai di kantor ASR. Kecanggungan Khushi membuat Arnav kesal, jadi dia tidak ingin dia ada di kantornya. Khushi, tidak mau menyerah, mengejek Arnav, dan akhirnya, mereka menandatangani kontrak 15 hari, yang mengatakan jika dia berhenti sebelum akhir masa kontrak, Khushi harus membayar ASR satu lakh rupee. Khushi menerima tantangan itu hanya untuk menemukan ASR berusaha keras untuk membuatnya berhenti dari pekerjaannya. Dia membuat dia sengsara dengan menugaskan tugas-tugas yang mustahil secara manusiawi, tapi Khushi melakukan semuanya dengan mogok. Dalam situasi yang sangat mengancam nyawa, Arnav menyelamatkan Khushi dan sempat menyesal telah menempatkannya dalam kesulitan tersebut. Bosan dengan kejenakaan ini, Payal meyakinkan Khushi untuk berhenti dari pekerjaannya, dan kedua saudara perempuannya memutuskan untuk kembali ke Lucknow. Namun, inspirasi datang kepada Khushi, yang percaya bahwa itu adalah tanda dari dewi yang sangat dia percayai (Devi Maiyya). Mereka memutuskan untuk tinggal dan membuka toko manisan dan semoga beruntung, mereka berakhir di rumah Raizada untuk memenuhi pesanan manisan untuk perayaan ulang tahun pernikahan Anjali.

dan industri Raizada, berencana membunuh Arnav dan mengatur penculikannya. Khushi berhasil menyelamatkannya dengan bantuan sepupu NRI-nya – Nandkishore (NK) dan Manorama. Arnav pulang, mengekspos Shyam, dan mengusirnya, menyebabkan Anjali jatuh dalam depresi. Selama beberapa hari berikutnya, Anjali mulai bertemu Shyam secara diam-diam, yang terus menipunya dengan cara manipulatifnya. Sementara itu, nenek dari pihak ayah Anjali dan Arnav, Subhadra Devi (Dadi), tiba di Shantivan dan langsung tidak menyukai Khushi, namun Khushi menerima dukungan dari Arnav dan anggota keluarga lainnya. Subadra Devi juga tidak senang mengetahui perpisahan Shyam dan Anjali dan mencoba yang terbaik untuk membawa Shyam kembali ke Shantivan. Selama tapi Khushi menerima dukungan dari Arnav dan anggota keluarga lainnya. Subadra Devi juga tidak senang mengetahui perpisahan Shyam dan Anjali dan mencoba yang terbaik untuk membawa Shyam kembali ke Shantivan. Selama tapi Khushi menerima dukungan dari Arnav dan anggota keluarga lainnya. Subadra Devi juga tidak senang mengetahui perpisahan Shyam dan Anjali dan mencoba yang terbaik untuk membawa Shyam kembali ke Shantivan. Selama perayaan Janmashtami, Khushi menyadari bahwa upacara pernikahannya tidak memiliki ritual untuk mengikat dia dan Arnav dalam pernikahan suci dan dengan demikian bersikeras agar Arnav memenuhinya. Subhadra Devi sengaja mendengar ini dan menghina Khushi karena tinggal bersama Arnav tanpa menikah dengan benar. Arnav akhirnya setuju untuk menikahi Khushi dalam sebuah upacara yang rumit agar hubungan mereka resmi. Subhadra Devi, bagaimanapun, masih tidak senang dan mencoba untuk membatalkan pernikahan, mencurigai adanya hubungan antara ibu Khushi dan kematian orang tua Arnav. Shyam mendapat petunjuk tentang hal ini dan berencana menggunakannya untuk keuntungannya dalam menghentikan pernikahan Arnav dan Khushi. Terungkap bahwa ibu angkat Khushi, Garima, berselingkuh dengan ayah Arnav, tidak menyadari fakta bahwa dia adalah pria yang sudah menikah. Ketika ibu Arnav mengetahui hal ini, dia bunuh diri. Hal ini menyebabkan ayah Arnav bunuh diri juga karena rasa bersalah. Subadra Devi menganggap Garima bertanggung jawab atas kematian putra dan menantunya.

Saat persiapan pernikahan dimulai, tanpa menyadari kepalsuan Shyam, Subadra Devi mendorong Anjali untuk bertemu dan memperbaiki hubungannya dengan dia. Shyam, di sisi lain, menyusun rencana untuk keguguran Anjali, yang dia wujudkan pada hari baby shower-nya. Anjali semakin depresi dan dengan tegas meminta Shyam untuk diizinkan kembali ke rumah. Khushi memperhatikan bahwa Anjali merasa lebih baik dengan kehadiran Shyam dan demi kesejahteraan Anjali memutuskan untuk membawa Shyam kembali ke Shantivan, yang membuat Arnav tidak senang. Namun, mereka menyelesaikan perbedaan mereka, meyakinkan satu sama lain tentang cinta dan kepercayaan mereka, dan menyempurnakan hubungan mereka.

Di hari pernikahan, Subhadra Devi mengungkapkan kebenaran kepada Arnav tentang bunuh diri orang tuanya. Awalnya hancur, dia menyadari bahwa Garima tidak mengetahui pernikahan ayahnya, dan menghukum Khushi atas sesuatu yang tidak dilakukannya adalah tindakan yang tidak adil. Arnav menikahinya meskipun ada tentangan dari Subhadra Devi dan menjelaskan kepadanya bahwa ayahnya juga harus disalahkan atas penderitaan keluarga mereka dan meminta pertanggungjawaban Garima sendiri adalah tindakan yang salah.

Pada malam pernikahan mereka, Arnav dan Khushi menemukan beberapa kamera tersembunyi di kamar mereka dan di seluruh rumah Raizada dan menyadari bahwa kamera tersebut mungkin ditempatkan oleh Shyam. Dengan beberapa penyelidikan, mereka selanjutnya menemukan bahwa Shyam bertanggung jawab atas keguguran Anjali. Arnav, Khushi, dan NK bersama-sama mengungkap Shyam, yang mengakui kesalahannya. Anjali akhirnya melihat dia apa adanya dan mengusirnya keluar rumah.

Saat hubungan Khushi dan Arnav membaik, teman kampus Arnav, Sheetal, mampir bersama Aarav, seorang yatim piatu, menyamarkannya sebagai "putra" Arnav untuk mewarisi properti Arnav. Arnav mengungkap rencana Sheetal untuk memeras uang darinya, dan kemudian Arnav & Khushi mengadopsi Aarav. Khushi kemudian mencalonkan diri untuk kontes kecantikan karena ingin membangun identitasnya sendiri. Dengan motivasi Arnav dan keluarganya, dia berhasil memenangkannya dan mereka hidup bahagia selamanya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

  • Barun Sobti sebagai Arnav Singh Raizada: Putra Ratna dan Arvind; Adik laki-laki Anjali; Sepupu Akash dan Nandkishore; suami Khushi; Ayah angkat Aarav (2011–2012)[4]
  • Sanaya Irani sebagai Khushi Kumari Gupta Singh Raizada: Keponakan dan putri angkat Garima dan Shashi; sepupu Payal; istri Arnav; Ibu angkat Aarav (2011-2012)

Pendukung[sunting | sunting sumber]

  • Dalljiet Kaur sebagai Anjali Singh Raizada: Putri Ratna dan Arvind; kakak perempuan Arnav; Sepupu Akash dan Nandkishore; Mantan istri Shyam [5]
  • Abhaas Mehta sebagai Shyam Jha: Mantan suami Anjali; Mantan tunangan Khushi (2011–2012)[6]
  • Deepali Pansare sebagai Payal Singh Raizada: putri Shashi dan Garima; Kakak perempuan angkat Khushi; Istri Akash (2011–2012)[7]
  • Akshay Dogra sebagai Akash Singh Raizada: Putra Manorama dan Mahendra; Anjali, sepupu Arnav dan Nandkishore; Suami Payal (2011–2012)[8]
  • Sanjay Batra sebagai Shashi Gupta: saudara laki-laki Madhumati; Suami Garima dan Sandhya; Ayah Payal dan ayah angkat Khushi (2011–2012)
  • Tuhina Vohra / Pyumori Mehta Ghosh sebagai Garima Gupta: saudara perempuan Gauri; istri kedua Shashi; ibu tiri Payal; Bibi dan ibu angkat Khushi (2011–2012)
  • Abha Parmar sebagai Madhumati Gupta: saudara perempuan Shashi; Bibi Payal dan Khushi (2011–2012)
  • Jayshree T. sebagai Devyani Raizada: ibu Ratna dan Mahendra; Teman masa kecil Subhadra; Nenek Anjali, Arnav dan Akash (2011–2012)
  • Utkarsha Naik sebagai Manorama Raizada: istri Manohar; ibu Akash; Anjali, Arnav dan bibi NK (2011–2012)[9]
  • Rajesh Jais sebagai Mahendra Singh Raizada: putra Devyani; saudara laki-laki Ratna; suami Manorama; ayah Akash; Anjali, Arnav dan paman NK (2011–2012)
  • Karan Godhwani sebagai Nandkishore "NK" Mittal: keponakan Manorama; Sepupu Arnav (2011–2012)[10]
  • Vishesh Bansal sebagai Aarav Singh Raizada: Anak angkat Arnav & Khushi (2012)
  • Swati Chitnis sebagai Subhadra Malik: teman masa kecil Devyani; Nenek Anjali dan Arnav (2012)[11]
  • Dinesh Nag sebagai Hari Prakash "HP" Yadav (2011)
  • Sana Makbul sebagai Lavanya Kashyap: Arnav's former girlfriend and ex-fiancée (2011)
  • Roshni Rastogi sebagai Preetika alias Preeto (2011)
  • Zuber K. Khan sebagai Rahim Mirza (2011)
  • Amit Dua sebagai Vikrant Goel: Salah satu penyelenggara kontes Ms. India (2012)
  • Ahmad Harhash as Ahill Raza Ibrahim (2011-2012)
  • Gaurav Muskesh sebagai reporter
  • Yogesh Tripathi sebagai Kamlesh Khabari (2011)
  • Dhriti Bhatia sebagai Bubbly (2012)
  • Madhura Naik sebagai Sheetal Kapoor (2012)[12]

Bintang Tamu[sunting | sunting sumber]

  • Hanif Hilal sebagai Tamu (Pertunjukan tari untuk Character Dheela untuk ulang tahun Anjali-Shyam) (2011)
  • Nicole Alvares sebagai Tamu (Pertunjukan tari untuk Character Dheela untuk ulang tahun Anjali-Shyam) (2011)

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengecoran[sunting | sunting sumber]

Pertunjukan ini diproduksi dan disutradarai oleh Gul Khan di bawah 4 Lions Films. Barun Sobti berperan sebagai Arnav Singh Raizada setelah pilihan aslinya, Karan Singh Grover, memilih keluar dari peran tersebut untuk fokus pada karir filmnya dan Sanaya Irani menggantikan Shraddha Arya yang awalnya berperan sebagai pemeran utama wanita.[13][14] Dalljiet Kaur, Deepali Pansare & Akshay Dogra diselesaikan untuk memainkan peran pendukung untuk pemeran utama. Pemeran pendukung lainnya termasuk Jayshree T., Tuhina Vohra, Abha Parmar, Utkarsha Naik, Sanjay Batra dan masih banyak aktor lainnya. Abhaas Mehta dan Sana Makbul memasuki pertunjukan sebagai antagonis pertunjukan. Sana kemudian keluar dari acara tersebut pada bulan Desember 2011.[15]

Pembatalan[sunting | sunting sumber]

Ketika Barun Sobti mengumumkan istirahatnya dari acara tersebut karena masalah kesehatan, penggemar serial tersebut meminta tim produksi untuk menutup acara tersebut dengan perasaan bahagia daripada penggantian apa pun.[16]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Pada minggu ke 15 hingga 21 tahun 2011, ia masuk sepuluh besar daftar GEC Hindi dengan mengumpulkan 2,6 TVR dan menempati posisi kesembilan.[17]

Spin off[sunting | sunting sumber]

Pada 2015, Hotstar meluncurkan seri web terbatas yang terdiri dari delapan episode berjudul Iss Pyaar Ko Kya Naam Doon? - Ek Jashn dengan pemeran dan karakter asli. Ceritanya berkisar pada kehidupan pernikahan Arnav dan Khushi setelah tiga tahun.[18]

Adaptasi[sunting | sunting sumber]

Bahasa Judul Pertama Ditayangkan Saluran Terakhir Ditayangkan Catatan
Hindi Iss Pyaar Ko Kya Naam Doon?
इस प्यार को क्या नाम दूं?
6 Juni 2011 StarPlus 30 November 2012 Original
Kannada Aragini
ಅರಗಿಣಿ
5 Agustus 2013 Star Suvarna 17 April 2015 Remake
Bengali Bojhena Se Bojhena
বোঝেনা সে বোঝেনা
4 November 2013 Star Jalsha 18 June 2016
Telugu Nuvvu Nenu Prema
నువ్వు నేను ప్రేమ
16 Mei 2022 Star Maa Sedang berlangsung
Odia Tu Kahibu Na Mu
ତୁ କହିବୁ ନା ମୁଁ
6 Juni 2022 Star Kiran 25 Februari 2023

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Star Plus to axe 'Chand Chupa Badal Mein'". 2 April 2011. Diakses tanggal 11 September 2017. 
  2. ^ "Popular TV actors making a comeback". The Times of India. BCCL. 15 June 2016. Diakses tanggal 11 September 2017. 
  3. ^ Vipra Shrivastava (3 February 2016). "Sanaya Irani and Barun Sobti back in IPKKND". India Today. Diakses tanggal 11 September 2017. 
  4. ^ "Barun Sobti 'delighted' over his TV show being aired in Turkey". The Indian Express. Mumbai. Indo-Asian News Service. 3 March 2016. Diakses tanggal 11 September 2017. 
  5. ^ Neha Maheshwri (10 February 2015). "Daljeet Bhanot back to work after separating from husband". The Times of India. TNN. Diakses tanggal 11 September 2017. 
  6. ^ Ano Patel (16 February 2011). "Hate mails no longer bother me: Abhaas Mehta". The Times of India. TNN. Diakses tanggal 11 September 2017. 
  7. ^ Tejashree Bhopatkar (7 September 2011). "Deepali Pansare quits Iss Pyaar Ko". The Times of India. Diakses tanggal 11 September 2017. 
  8. ^ Parmita Uniyal (3 March 2016). "Iss Pyaar Ko Kya Naam Doon? actor Akshay Dogra becomes father to a baby boy". India Today. Diakses tanggal 11 September 2017. 
  9. ^ Chaya Unnikrishnan (24 September 2013). "Utkarsha Naik is back with 'Bani'". DNA. Diakses tanggal 11 September 2017. 
  10. ^ Shruti Jambhekar (12 July 2011). "It was frustrating to play a character role: Karan Goddwani". The Times of India. TNN. Diakses tanggal 11 September 2017. 
  11. ^ "My role in 'Iss Pyaar Ko.. is a challenging one to play: Swati Chitnis". The Times of India. TNN. 9 August 2011. Diakses tanggal 11 September 2017. 
  12. ^ Vijaya Tiwari (16 October 2011). "I am happy to work with Barun again: Madhura Naik". The Times of India. TNN. Diakses tanggal 11 September 2017. 
  13. ^ Somashukla Sinha Walunjkar (15 April 2012). "Replacement stars rewrite TRPs". The Times of India. TNN. Diakses tanggal 11 September 2017. 
  14. ^ "Karan Singh Grover-Shraddha Arya were approached for Arnav Khushi". Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 July 2017. Diakses tanggal 17 August 2016. 
  15. ^ "Iss Pyaar Ko Kya Naam Doon's Lavanya 'Sana Makbul' quits". The Times of India. 21 December 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 February 2012. Diakses tanggal 18 December 2011. 
  16. ^ Navya Malini (23 November 2012). "Small screen's heartthrobs who return on fans' demands". The Times of India. TNN. Diakses tanggal 11 September 2017. 
  17. ^ "Trp watch". The Telegraph. 
  18. ^ "'Iss Pyaar Ko Kya Naam Doon' culminates on Hotstar after 8 episodes". Indian Television. 16 December 2015. Diakses tanggal 11 September 2017.