Lompat ke isi

Ismail Madjid

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dr. Ir. H. Ismail Madjid, M.T.P. adalah seorang birokrasi Sekda Kota Gorontalo menjabat sebagai Penjabat Walikota Gorontalo pada 12 Juni 2024 mengawali karirnya dari tingkat bawah. Pria kelahiran 16 Juli 1966 itu, mengawali karirnya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) bertugas sebagai pelaksana di kantor Kecamatan Kota Barat pada tahun 1992.

Setahun kemudian, Ismail diembani tugas sebagai pelaksana harian (Plh) Kasie Pelaporan di Bappeda Kotamadya Gorontalo. Karena kinerjanya yang baik, Ismail selanjutnya dilantik menjadi Kasie Pertanian Kotamadya Gorontalo di tahun 1995.

Berselang tiga tahun kemudian, alumnus doktor di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta itu, menjabat Pj Kepala Bidang Ekonomi di Bappeda Kotamadya Gorontalo. Ismail juga adalah alumni Magister Perencanaan Kota dari Universitas Gadjah Mada.

Ismail kemudian naik menjadi eselon IIIa. Ayah dari tiga orang anak tersebut, menjadi Kabid Perencanaan Bappeda Kota Gorontalo pada tahun 2001. Kala itu, Wali Kota Gorontalo dijabat oleh alm. Medi Botutihe

Di tahun yang sama, tepatnya bulan April, Ismail Madjid yang dikenal sebagai sosok birokrat yang santun dan low profil ini, dipercayakan menduduki jabatan Sekretaris Bappeda Kota Gorontalo.

Delapan bulan kemudian, Ismail kembali mengikuti prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah sebagai Kabag Pembangunan Setda Kota Gorontalo. Karir Ismail di birokrasi terbilang begitu cemerlang.

Buktinya, belum genap dua tahun menjabat sebagai Kabag Pembangunan, Ismail dipilih untuk menakhodai Bappeda Kota Gorontalo. Saat itu, Ismail merupakan pimpinan OPD termuda. Ya, ketika masih berusia 36 tahun, Ismail sudah mendapat kepercayaan yang sangat strategis di pemerintahan. Enam tahun kemudian, Ismail dua kali diroling. Dia mendapat amanah memimpin Badan Pelaksana, Penyuluhan dan Ketahanan Pangan yang pada tahun 2009, lembaga itu berganti menjadi Badan Pelaksana, Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kota Gorontalo.

Di tahun yang sama, figur yang telah mengabdi sebagai ASN selama 31 tahun lebih itu, dipercayakan sebagai Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan.

Hanya tiga bulan tokoh yang merupakan alumni Smansa tahun 1986 itu, mengemban amanah tersebut. Karena diawal tahun 2010, suami dari Suharti Daud, dilantik sebagai Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan Daerah dan Penanaman Modal yang kemudian berganti nama menjadi Badan Perencanaan, Pembangunan Daerah, dan berganti lagi menjadi Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapppeda).

Kurang lebih tujuh tahun Ismail menduduki kursi Kepala Bapppeda. Di tahun 2017, alumnus LAN dengan predikat memuaskan ini, dipilih menjadi Sekda Kota Gorontalo hingga pada akhirnya Ismail dipercayakan Mendagri untuk mengisi jabatan Pj Wali Kota Gorontalo. [1]

Referensi[sunting | sunting sumber]