Ishtori Haparchi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Halaman sampul karya Ishtori Haparchi Kaftor Vaferech, Venice 1549. Dalam buku cetak Ibrani pertama mengenai geografi Palestina, teridentifikasi 180 lokasi yang disebutkan dalam Alkitab dan sastra Talmud.

Ishtori Haparchi (1280-1355) (juga Estori Haparchi, Nestorius ha-Parhi, Ashtori ha-Parhi; Ibrani: אשתורי הפרחי) adalah nama pena dokter, topografer, dan pengelana, Yahudi dari abad ke-14 Ishak HaKohen Ben Musa.[1]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ishtori Haparchi lahir di Prancis pada tahun 1280. Haparchi berasal dari satu garis keturunan orang bijak dan rabi terkenal. Ayahnya adalah Rabbi Moshe HaParhi, seorang sarjana Talmud terkemuka. Kakeknya adalah, Rabbi Nathan dari Trinquetaille, penulis "Shaar HiTefisa" Kakek buyutnya adalah Meir ben Ishak dari Carcassonne, penulis "Sefer ha-'Ezer". Keluarganya berasal dari Florenzia, Spanyol.[2] Nama "Haparchi" berarti "orang Florentine" dalam bahasa Ibrani (perach adalah bahasa Ibrani untuk "bunga"). Dia lebih dikenal dengan gelar Kaftor Vaferach yang diambil dari nama karyanya, ekspresi yang selain itu juga suatu permainan kata untuk nama keluarganya. Ketika orang-orang Yahudi diusir dari Prancis pada tahun 1306, ia melakukan perjalanan ke Spanyol dan Mesir, dan kemudian menetap di Eretz Yisrael. Dia bekerja sebagai dokter di Beit She'an, di mana ia meninggal pada tahun 1355.

Tulisan[sunting | sunting sumber]

Ishtori Haparchi adalah penulis pertama buku Ibrani mengenai geografi Eretz Yisrael [3] Sefer Kaftor Vaferach (Ibrani: ספר כפתור ופרח (secara harfiah "Tombol dan Bunga"), yang ditulis dalam tahun 1322 dan diterbitkan di Venesia pada tahun 1549. Kaftor Vaferach ("Kitab Tombol dan Bunga") adalah sebuah ungkapan Ibrani yang berasal dari deskripsi menorah di dalam Kemah Suci (Keluaran 37:17) dan berarti "karya seni". Dalam konteks buku ini mengacu pada letak tanah. Haparchi mendaftar nama kota-kota dan desa-desa di Eretz Yisrael dan membahas kondisi topografi lahan berdasarkan kunjungan mata kepalanya sendiri ke lokasi itu. Para sarjana modern telah menetapkan bahwa sebagian besar dari 180 situs kuno telah diidentifikasikannya secara benar, di antaranya Usha, Modi'in dan Betar.

Edisi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Encyclopedia Judaica Keter, Jerusalem, 1972, "Estori Ha-Parchi," vol. 6, p.918. Yeshurun vol. 21 p. 855
  2. ^ "A History of Rabbi Ishtori HaParhi: The first researcher into the land of Israel". Les Fleurs de l'Orient. Diakses tanggal 31 July 2017. 
  3. ^ "Ashtori ha-Parḥi (Jewish topographer)". Britannica Online Encyclopedia. Encyclopædia Britannica. Diakses tanggal 2011-03-25.