Isabelle dari Bretagne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Isabelle dari Bretagne (1411 – sekitar 1444) merupakan putri Jean VI, Adipati Bretagne, dan istrinya, Jeanne dari Valois. Isabelle berasal dari Wangsa Dreux.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Eyang maternal Isabelle adalah Charles VI dari Prancis dan Elisabeth von Bayern-Ingolstadt. Eyang paternalnya adalah Jean V, Adipati Bretagne dan Joan dari Navarra.

Isabelle memiliki hubungan dengan tiga Ratu Inggris. Dua bibi maternalnya, Isabelle dari Valois dan Catherine dari Valois adalah ratu Inggris dan setelah kematian kakek paternalnya, Jean V neneknya, Joan menjadi ratu Inggris oleh pernikahannya dengan Henry IV dari Inggris. Isabelle dari Valois menikah dengan pendahulu Henry Richard II dari Inggris. Catherine dari Valois menikah dengan putra Henry IV, Henry V dari Inggris.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 1 Oktober 1430, di Redon, Isabelle menikah dengan Guy XIV de Laval. Guy berperang di banyak perang berbeda di dalam Perang Seratus Tahun dan berperang bersama dengan Jeanne d'Arc. Guy dijodohkan dengan saudari Isabella, Margaret namun ia meninggal sebelum pernikahan dilangsungkan, membuat Guy menikahi Isabella sebagai gantinya.[1]

Isabelle dan Guy memiliki 3 orang anak:

Isabelle meninggal di sekitar tahun 1444, dan ia dimakamkan di Nantes. Suaminya menikah lagi setelah kematiannya, dengan Françoise de Dinan. Suaminya dimakamkan di gereja kolegial Saint-Thugal di Laval.

Wangsa Bretagne[sunting | sunting sumber]

Bagan silsilah ini menunjukkan sisi paternal Isabelle keluarganya, ibunya dan saudara-saudaranya. Hal ini menunjukkan bahwa setelah kematian saudara-saudaranya, pamannya, Arthur menjadi Adipati Bretagne.


Joanna dari Navarra
x Jean V, Adipati Bretagne
│
│
├──> Arthur III, Adipati Bretagne 
│
├──> Jean VI, Adipati Bretagne 
│    x Jeanne dari Prancis
│    │
│    └──> Isabelle dari Bretagne
│    │     x Guy XIV de Laval
│    │
│    └──> François I, Adipati Bretagne
│    │
│    └──> Pierre II, Adipati Bretagne
│    │
│    └──> Gilles dari Bretagne
│         x Françoise dari Dinan
│ 
x Henry IV dari Inggris

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]