Irfan Aulia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Irfan Aulia Irsal)
Irfan Aulia
Informasi latar belakang
Nama lahirIrfan Aulia Irsal
Lahir26 April 1983 (umur 40)
Jakarta
PekerjaanMusisi
Pencipta lagu
Produser
Pegiat hak cipta musik
Tahun aktif2003 - sekarang
Artis terkaitSamsons
Situs websamsonstheband.com
massivemusic.co.id

Irfan Aulia Irsal (lahir 26 April 1983) adalah seorang musisi yang juga merupakan gitaris utama sekaligus pendiri dan pemimpin dari grup band Samsons. Ia adalah lulusan Universitas Indonesia dan Universitas Bina Nusantara dan pernah menempuh pendidikan musik di LPM Farabi serta Kursus Organ Yamaha Musik Indonesia, inspirasinya dalam bermusik dari Silverchair, John Mayer, U2, Muse, Radiohead. Sebelumnya ia menjadi session player.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Irfan Aulia adalah anak pertama dari 3 bersaudara. Ketertarikannya kepada musik dimulai pada saat ia berumur 10 tahun, di mana ia pada saat itu memulai perjalanan musiknya dengan mengikuti kursus organ Electone di Yamaha Musik Indonesia.

Spontanitas dalam mengarang sebuah lagu bagi Irfan saat ini lebih mudah untuk menangkap ide-ide yang saat itu muncul dengan adanya laptop tanpa harus menunggu sampai dirumah atau di studio. Selain itu Irfan juga menggunakan Gibson Les Paul, Fender Stratocaster, Mesa Boogie Triple Rectifier, Avid Protools, Ableton Live.

Karier musik[sunting | sunting sumber]

Samsons[sunting | sunting sumber]

Tahun 2002 adalah tahun cikal bakal terbentuknya SamSonS. Perjalanan Irfan Aulia dimulai ketika bertemu dengan Adjie Maulana (drums) dan Aldri Dataviadi (bass). Hingga pada tahun 2003 keduanya bertemu dengan Erik Partogi (gitaris) dan Bambang Reguna Bukit atau yang lebih dikenal dengan Bams dan memutuskan untuk tergabung dalam grup musik bernama SamSonS sebagai vokalis.

Ketidak cocokkan gaya bermusik dengan Adjie Maulana membuat Irfan Aulia bertemu dengan Chandra "Konde" Christanto untuk menggantikan Adjie sebagai drummer SamSonS.

Persahabatan mereka berlima membuat mereka membuahkan 1 buah album SamSonS seperti Naluri Lelaki.

Pencipta lagu[sunting | sunting sumber]

Selain menciptakan sebagian besar lagu Samsons, Irfan juga menggubah lagu untuk artis-artis lain. Pada tahun 2006, "Cinta Terakhir", lagu yang ditulis bersama Ari Lasso untuk album solonya yang keempat, Selalu Ada. Lagu ini kemudian masuk nominasi Lagu Terbaik (bersama "Naluri Lelaki" oleh Samsons yang juga merupakan ciptaan Irfan) di ajang penghargaan regional Anugerah Planet Muzik 2007.[1] Selain itu, lagu Ingkar milik Bunga Citra Lestari yang berada di album pertamanya, Cinta Pertama juga ditulis oleh Irfan.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Ketertarikannya di bidang musik tidak membuat Irfan Aulia langsung mendapatkan restu dari orang tua. Sebagai syarat ia harus meraih prestasi yang baik dalam bidang akademis. Oleh karena itu ia harus membuktikan bahwa musik tidak akan mengganggu prestasi akademiknya.

Pada tahun 2006 ia terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Bina Nusantara fakultas Teknik informatika. Genap 4 tahun ia habiskan untuk mendapatkan gelar sarjana dari universitas tersebut.

Pada tahun 2007 Universitas Indonesia menerimanya sebagai mahasiswa jurusan Sastra Prancis di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Di sini Irfan Aulia belajar kesusastraan lebih lanjut untuk dapat menghasilkan lirik-lirik SamSonS.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Irfan Aulia menikahi Syifa Soraya pada tanggal 11 Juni 2011. Pada tanggal 15 Maret 2012 mereka berdua dikaruniai seorang putri bernama Annabelle Ashadewi Aulia.

Keluarga besarnya tersebar di Jakarta Selatan, Pondok Indah, dan di Depok, selain itu Irfan juga sering bersama keluarganya ketika lebaran mudik ke Bukit Tinggi, Sumatera Barat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Isma, Budiey (8 Juni 2007). "Pemenang Anugerah Planet Muzik 2007". Budiey.com. Diakses tanggal 27 September 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. https://www.facebook.com/irfanky
  2. http://www.linkedin.com/in/irfanky
  3. https://twitter.com/irfanky83
  4. http://kamarmusik.com/artikel-28-1.html[pranala nonaktif permanen]
  5. http://www.audiopro.co.id/cover-story/eksplorasi-irfan-samson[pranala nonaktif permanen]
  6. http://www.tempo.co/read/news/2013/06/20/112489744/Kenangan-Terindah-Melepas-Bams-Hekang-dari-Samsons[pranala nonaktif permanen]
  7. http://www.thejakartapost.com/news/2013/06/30/irfan-samsons-getting-creative-mount-titlis.html
  8. http://artistainment.wordpress.com/2008/09/22/profile-irfan-gitaris-samsons/
  9. https://id.celebrity.yahoo.com/news/irfan-samsons-dukung-virzha-jadi-vokalis-band-dewa-090502646.html[pranala nonaktif permanen]
  10. http://music.okezone.com/read/2011/03/28/386/439627/irfan-samsons-kita-enggak-akan-dilupakan
  11. http://id.wikipedia.org/wiki/Samsons
  12. http://hai-online.com/Hai2013/Entertainment/Music/News/Irfan-Samsons-Fans-JKT48-Kayak-Fans-Seringai[pranala nonaktif permanen]
  13. http://www.investor.co.id/home/samsons-vokalis-single-dan-album-terbaru/71309[pranala nonaktif permanen]
  14. http://musisi.com/forum/archive/index.php/t-4110.html
  15. http://fimelle.com/artikel-1020-irfan-samsons-menduda-ditinggal-bams.html
  16. http://www.samsonstheband.com/