Irene Silva de Santolalla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Irene Silva de Santolalla (10 Mei 1902 - 30 Juli 1992) merupakan seorang penulis, pendidik, dan politikus. Ia adalah senator perempuan pertama dalam sejarah pemerintahan Peru pada tahun 1956. Karya penulisannya menyuarakan gagasan tentang perempuan dan keluarga seperti salah satunya yang terkenal dan awal yaitu or la felicidad de nuestros hijos (For our children's happiness) pada tahun 1940 tentang pendidikan anak di rumah dan parenting. Pada tahun 1952, ia mendirikan sekolah publik yaitu El Instituto de Orientación Matrimonial y Familiar (School of Preparation for Marital and Family Life) fokus terhadap persiapan pendidikan bagi keluarga dan calon orang tua di Kota Lima, Peru. Santolalla juga dinobatkan sebagai Woman of the Americas (1956) oleh Unión de Mujeres Americanas.[1]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Masa muda

Irene Santolalla dilahirkan di Kota Cajamarca, Peru. Ia menempuh pendidikan di Liceo del Carmen kemudian melanjutkan ke Colegio Sagrados Corazones di Kota Lima. Kedua orang tuanya dihomarti dalam bidang akademis di wilayah utara Peru. Pada 4 Juni 1922, ia menikah dengan seorang insinyur yaitu Fausto Santolalla Bernal. Irene memilih menjalani kehidupan sebagai ibu rumah tangga dan membesarkannya dengan pendidikan di rumah. Dari sinilah ketertarikannya terhadap dunia pendidikan dimulai dengan fokus pendidikan anak usia dini serta parenting. Karyanya pertama pada tahun 1940 berjudul Hijo mío…! yang dimuat pada tahun 1938 di majalah psikologi anak Argentina. Dan, Hacia un mundo mejor ("Towards a better world") yang merupakan buku khusus untuk pendidikan parenting anak usia dini.

Aktivis dan pendidik

Irene giat menghadiri beberapa konferensi dan advokasi isu terkait perempuan dan anak-anak. Beberapa diantaranya adalah Lima Congress for the Protection of Children (1943); the First International Congress for the Protection of Children in Rural Areas (1945) di Urugay; the first Feminine Spanish-American Congress (1951) di Madrid, Spanyol; the International Study Congress (1952) di Oxford; dan the World Movement of Mothers (1954) di Bonn, Jerman.

Pada tahun 1949, ia menjadi dosen dan mengembangkan kurikulum dalam bidang family education di Pontifical Catholic University of Peru. Pada tahun yang sama, ia juga menjabat sebagai penasihat di UNICEF dan UNESCO serta bekerja dalam The United Nations Committee on Non-Governmental Organizations.

Karier politik[sunting | sunting sumber]

Karir politiknya sebagai senator dimulai dari tahun 1956 sampai 1962 dan membuahkan hasil yaitu mendorong serta terlibat langsung dalam Undang-Undang Pendidikan Keluarga (Law on Family Education) serta mendirikan lembaga pelatihan bagi calon guru di Peru.[2]

Pada tahun 1982, pemerintahan Peru memberikan penghargaan Order of the Sun atas jasanya dalam bidang advokasi keluarga, perempuan, dan anak-anak.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Santolalla, Irene Silva de (1902–1992) | Encyclopedia.com". www.encyclopedia.com. Diakses tanggal 2023-03-18. 
  2. ^ "Irene Santolalla, 90, Peruvian Specialist On Children, Is Dead". The New York Times (dalam bahasa Inggris). 1992-08-04. ISSN 0362-4331. Diakses tanggal 2023-03-18.