Institut Teknologi Calvin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Calvin Institute of Technology
Institut Teknologi Calvin
Moto
God's People for God's Glory
Moto dalam bahasa Indonesia
"Umat Tuhan untuk Kemuliaan Tuhan"
JenisSwasta
Didirikan2018 (2018)
PendiriPdt. Dr. (H.C.) Stephen Tong
Afiliasi keagamaan
Gereja Reformed Injili Indonesia
RektorPdt. David Tong, B.Sc., M.A.R., Ph.D., Th.D.(Cand)
Wakil Rektor (Bidang Akademik)Agung Bayu Waluyo, S.Si., M.Si., Ph.D.
Alamat
Menara Calvin, RMCI
Jl. Industri Blok B14 Kav. 1
, ,
KampusUrban
Wakil Rektor (Bidang Non-Akademik)Martin Tjahjono, S.T., M.Sc., Ph.D.
Warna   Merah Marun dan Emas
Situs webcalvin.ac.id

Institut Teknologi Calvin (bahasa Inggris: Calvin Institute of Technology) adalah perguruan tinggi swasta Kristen yang berlokasi di Kemayoran, Jakarta Pusat. Didirikan pada tahun 2018 oleh Pdt. Dr. (H.C.) Stephen Tong,[1] Calvin Institute of Technology berada di bawah naungan Gereja Reformed Injili Indonesia.[2][3] Untuk sementara, kampus utama dari Calvin Institute of Technology berada di Calvin Tower yang berlokasi di kompleks GRII Pusat. Nantinya, kampus utama dari Calvin Institute of Technology yang saat ini sedang dibangun akan berada di BSD City. Fokus utama dari perguruan tinggi ini adalah bidang STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics)[4] yang dipadukan dengan bidang Interdisciplinary (Reformed Liberal Arts).

Program studi[sunting | sunting sumber]

Calvin Institute of Technology memiliki enam program studi, yaitu:

  1. IT & Big Data Analytics (IBDA) (S.Kom)[5]
  2. Internet of Things & Electrical Engineering (IEE) (S.T)[5]
  3. Biomedical Science (BMS)[5] (S.Si)
  4. Chemical & Food Processing (CFP) (S.T)[5]
  5. Architecture & Sustainable Design (ASD) (S.Ars)[5]
  6. Smart Construction & Civil Engineering (SCCE) (S.T)[5]

Reformed Liberal Arts[sunting | sunting sumber]

Calvin Institute of Technology menerapkan bidang Interdisciplinary atau yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai multi-disipliner pada setiap program studi yang ada. Sistem ini memperbolehkan satu program studi untuk mengambil kelas yang berada di program studi lain hingga mempelajari bidang-bidang dalam Ilmu Sosial, Seni, dan Budaya, sistem ini sudah lama dikenal di negara barat seperti Amerika Serikat dengan nama Liberal Arts. Namun, Calvin Institute of Technology melakukan revisi pada sistem pembelajaran ini dengan menambahkan kata Reformed di depan kalimat Liberal arts. Reformed di sini merujuk pada iman kekristenan yang dipengaruhi oleh reformasi protestan yang terjadi pada abad ke-16 serta keterikatan Calvin Institute of Technology dengan Gereja Reformed Injili Indonesia; oleh karenanya setiap mahasiswa di Calvin Institute of Technology diwajibkan untuk mengikuti kelas Teologi Kristen, Filsafat, Sejarah, Budaya, Bahasa, dan lain-lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Calvin Institute of Technology - Info & Pendaftatan 2020 | Quipper Campus". campus.quipper.com. Diakses tanggal 2020-10-07. 
  2. ^ "Ucapan Syukur Calvin Institute of Technology | Gereja Reformed Injili Indonesia BSD" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-10-07. 
  3. ^ "Open House Calvin Institute of Technology – MRII Depok" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-10-07. 
  4. ^ rencanamu. "Calvin Institute of Technology - Info Kampus, Jurusan & Alumni". Rencanamu. Diakses tanggal 2020-10-03. 
  5. ^ a b c d e f "Degrees & Programs – Calvin Institute of Technology" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-10-03. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]