Institut Seni Modern Middlesbrough

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Middlesbrough Institute of Modern Art
Peta
Didirikan27 Januari 2007 (2007-01-27)
LokasiAlun-alun Tengah, Middlesbrough, Inggris
JenisMuseum Seni
DirekturLaura Sillars
Situs webmima.art

Institut Seni Modern Middlesbrough (Middlesbrough Institute of Modern Art disingkat MIMA) adalah galeri seni kontemporer yang berbasis di pusat Middlesbrough, Inggris. Galeri tersebut secara resmi diluncurkan pada Minggu 27 Januari 2007; sejak 2014 telah menjadi bagian dari Universitas Teesside.[1]

Sejarah dan lahan[sunting | sunting sumber]

Pembukaan galeri menandai selesainya perjalanan akumulatif untuk koleksi seni Middlesbrough pasca-industri. Warisan artistik awal sebuah kota semuda Middlesbrough sebagian besar bertumpu pada keberhasilan Tembikar Seni Linthorpe (1879–1889), diluncurkan bersama oleh Christopher Dresser dari Sun Brickworks yang juga membangun pinggiran kota Linthorpe. Sebuah Sekolah Seni dibuka di samping Institut Mekanika di Durham Street kota tua, pada tahun 1870, dan pada tahun 1950-an, itu juga telah dipindahkan ke Linthorpe. Profil budaya kawasan ini semakin didorong oleh Cleveland International Drawing Biennale, hingga kompetisi tersebut berakhir pada tahun 1990-an.

Sebuah situs untuk galeri seni pertama kota itu diberikan oleh ayah Walikota, Sir Arthur Dorman, pada tahun 1904. Ini berada di seberang Jalan Linthorpe, dan disusun dalam serentetan peristiwa yang sama seperti, apa yang akan menjadi Museum Dorman di luar Albert Park . Kekurangan dana di tengah awal perang, bagaimanapun, memastikan bahwa hanya taman peristirahatan yang akhirnya ditempatkan di sana. Sementara itu, sejak tahun 1927, perpustakaan Carnegie dan Gereja Metodis Grange Road menyimpan koleksi lukisan. Tidak ada ketentuan permanen untuk potongan-potongan itu yang terwujud hingga tahun 1957, dengan pembelian mantan dokter bedah di Linthorpe Road oleh Dewan. Baru pada tahun 2003 gedung ini dikosongkan.

Galeri Cleveland

Bekas Pusat Kerajinan Cleveland, di Jalan Gilkes, melayani koleksi keramik studio Inggris abad ke-20, dan perhiasan buatan seniman yang berasal dari tahun 1970-an dan seterusnya. Pusat Kerajinan Cleveland ditutup sebagai tempat pameran pada Januari 2003, dan setelah itu beroperasi sebagai kantor mima sementara galeri baru sedang dibangun. Institusi saudaranya yang bertahan hingga 1999, Galeri Cleveland, tinggal di dekatnya di gedung sekolah yang tidak terpakai di Victoria Road. Mereka saat ini menjadi rumah bagi studio inkubasi pascasarjana University of Teesside untuk membantu bisnis baru yang baru dimulai.

Menyusul penutupan dua galeri yang bertahan pada Januari 2003, pembangunan akomodasi saat ini yang terdiri dari ruang galeri, ruang pendidikan, auditorium, kafe-bar, toko, teras atap, toko koleksi, dan studio konservasi dimulai pada tahun 2004. Pusat ini dirancang oleh Erick van Egeraat Associated Architect . Sementara konstruksi sedang berlangsung, mima memprogram serangkaian pameran dan acara di luar lokasi termasuk seniman seperti John Harrison dan Paul Wood, Susan Pietzsch, Yuka Oyama, Graham Dolphin, Chicks on Speed, Martin Creed, Oliver Zwink, dan Mah Rana.

Direktur pendiri MIMA adalah Godfrey Worsdale, yang keluar pada 2008 untuk menjadi direktur Pusat Seni Kontemporer Baltik.[2] Dia digantikan oleh Kate Brindley, sebelumnya direktur Museum dan Galeri di Dewan Kota Bristol[3] Dia secara singkat digantikan oleh Mark Robinson, yang bertindak sebagai direktur selama transisi kepemilikan antara otoritas lokal dan universitas,[4] dan dikelola perekrutan Alistair Hudson, sebelumnya Wakil Direktur di Grizedale Arts, yang mengambil peran tersebut pada tahun 2014[5] dan keluar pada tahun 2017 untuk menjadi Direktur Galeri Seni Manchester dan Whitworth.[6] Direktur saat ini adalah Laura Sillars, yang bergabung dari Galeri Situs Sheffield.[7]

MIMA telah berpartisipasi dalam program Artis Tate, menampilkan pameran oleh Gerhard Richter, Jannis Kounellis dan Louise Bourgeois.[8][9]

Pada tanggal 21 dan 22 November 2009, pemeran program otomotif BBC Top Gear - Jeremy Clarkson, Richard Hammond dan James May - mengadakan pameran seni otomotif di MIMA, yang ditampilkan dalam episode ke-5 dari seri ke-14 acara tersebut, menetapkan rekor sepanjang masa untuk galeri.[10]

Koleksi Middlesbrough[sunting | sunting sumber]

Koleksi Middlesbrough MIMA terdiri dari seni murni dan terapan yang luar biasa dari abad ke-19 hingga saat ini, dengan banyak karya diperoleh oleh pendahulu mima, Galeri Seni Middlesbrough dan Pusat Kerajinan Cleveland.

Pekerjaan meliputi; Frank Auerbach, Elizabeth Blackadder, David Bomberg, Ken Currie, Jeremy Deller, Tracey Emin, Sir Jacob Epstein, Dame Elisabeth Frink, David Hockney, Peter Howson, Gwen John, Panayiotis Kalorkoti, LS Lowry, Ben Nicholson, Eduardo Paolozzi, Adrian Piper, Katherine Pleydell-Bouverie, Anne Redpath, Paula Rego, David Remfry, Lucie Rie, Stanley Spencer, Nancy Spero dan Kara Walker.

Pada 2015, Tees Valley Arts menyumbangkan koleksi karya seni penting ke galeri sebagai Koleksi Seni Tees Valley, termasuk karya seniman Vivan Sundaram, Len Tabner, dan Adrian Wiszniewski.[11]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mima to transfer from council to Teesside University". The Museum Association. Diakses tanggal 26 November 2022. 
  2. ^ Baltic's latest director – the Guardian
  3. ^ New director appointed at mima – the Gazette
  4. ^ Oliver-GAZ, George (2014-02-26). "Former NE Arts Council director Mark Robinson appointed interim director of mima". gazettelive. Diakses tanggal 2019-11-19. 
  5. ^ "New Director for mima is announced". Teesside University. Diakses tanggal 18 February 2015. 
  6. ^ "Alistair Hudson appointed as new Director for Manchester Art Gallery and The University of Manchester's Whitworth". Alistair Hudson appointed as new Director for Manchester Art Gallery and The University of Manchester’s Whitworth (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-10. 
  7. ^ "New Director for Middlesbrough Institute of Modern Art | Media centre | Teesside University". www.tees.ac.uk. Diakses tanggal 2019-11-10. 
  8. ^ "About mima". mima (official0. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-09-19. Diakses tanggal 18 February 2015. 
  9. ^ "ARTIST ROOMS Louise Bourgeois – Middlesbrough". The Tate. 
  10. ^ McKenzie, Sandy (19 November 2009). "Top Gear motors into Middlesbrough". Evening Gazette. Diakses tanggal 19 November 2009. 
  11. ^ "Our Art Collection". tees valley arts (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-05.