Inggris Timur Laut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Letak North East di Inggris
Letak North East di Inggris

Inggris Timur Laut merupakan salah satu region di Inggris dengan luas wilayah sekitar 850.000 ha. Wilayahnya terbagi menjadi empat county dengan ibu kota di Newcastle upon Tyne. Sebagian besar wilayah Inggris Timur Laut berupa dataran tinggi.

Pada awal abad ke-21, jumlah penduduk di Inggris Timur Laut mencapai 2,5 juta jiwa dengan wilayah terpadat di County Tyne dan Wear serta di Tees Valley.

Sejak akhir abad ke-18 M, penduduk di Inggris Timur Laut bekerja di industri pertambangan timah. Lalu ditambah dengan pertambangan batu bara pada abad ke-19 M. Pekerjaan pertambangan hanya sisa batu bara setelah pertambangan timah ditutup hingga tidak ada sama sekali pada dekade 1930-an. Selain pertambangan, penduduk Inggris Timur Laut juga mengembangkan industri peternakan khususnya sapi shorthorn.

Perbatasan wilayah[sunting | sunting sumber]

Inggris Timur Laut merupakan salah satu region di wilayah Inggris. Luas wilayah Inggris Timur Laut sekitar 850.000 hektare. Wilayahnya di bagian utara berbatasan dengan Skotlandia. Bagian selatan wilayahnya berbatasan dengan Region Yorkshire dan Humber. Sedangkan bagian barat wilayahnya berbatasan dengan Region Inggris Barat Laut.[1]  

Ibu kota Inggris Timur Laut di Newcastle upon Tyne. Wilayah Inggris Timur Laut terbagi menjadi 4 county yaitu Northumberland, County Durham, North Yorkshire, dan Tyne and Wear.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Sekitar 2/3 wilayah Inggris Timur Laut merupakan dataran tinggi yang bercirikan perdesaan. Permukiman penduduk di Inggris Timur Laut hanya berpusat di dua daerah yaitu di Tyne dan Wear serta di Tees Valley. Sementara di wilayah bagian utara dan barat Inggris Timur Laut jumlah penduduknya sangat sedikit.[1] Pada tahun 2001, jumlah penduduk Inggris Timur Laut tercatat sebanyak 2.515.479 jiwa.

Industri[sunting | sunting sumber]

Industri pertambangan[sunting | sunting sumber]

Pada abad ke-19 Masehi, sebagian besar wilayah dataran rendah di Inggris Timur Laut merupakan kawasan industri pertambangan batu bara. Industri pertambangan inilah yang kemudian membentuk kondisi budaya dan ekonominya. Sementara itu, ada pula industri pertambangan timah yang berlokasi di wilayah Pennines Utara. Industri timah mencapai masa keemasan di wilayah ini pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19. Sejak memasuki dekade 1880-an, industri pertambangan timah di Inggris Timur Laut mengalami penurunan yang pesat. Pada akhirnya, tambang timah di Inggris Timur Laut ditutup sepenuhnya selama dekade 1930-an. Tambang timah terakhir yang beroperasi sebelum penutupan ialah yang terletak di County Durham yang dikelola oleh perusahaan Boltsburn.[2]

Industri peternakan[sunting | sunting sumber]

Beberapa daerah di Inggris Timur Laut merupakan kawasan asal dari sapi shorthorn. Daerah-daerah ini meliputi Northumberland, Durham, Yorkshire dan Lincolnshire.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b The North East of England Plan Regional Spatial Strategy to 2021 (PDF). Belfast: The Stationery Office. Juli 2008. hlm. 6. ISBN 978-0-11-753997-6. 
  2. ^ Petts, D., dan Gerrard, C. (2006). Shared Visions: The North-East Regional Research Framework for the Historic Environment (PDF). Durham: Durham County Council. hlm. 93. ISBN 1-897585-86-1. 
  3. ^ Pazla, R., Elihasridas, dan Sucitra, L. S. (Mei 2023). Pengantar Ilmu Nutrisi Sapi dan Kerbau. Indramayu: Penerbit Adab. hlm. 4. ISBN 978-623-497-710-3. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]