Inger

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Inger menggambarkan proses alihkirim berkas antara dua perangkat lokal, khususnya antara komputer pribadi dan perangkat seluler seperti ponsel, ponsel pintar, PDA, tablet, pemutar media portabel, atau pewaca elektronik.

Menginger biasanya mengacu pada transfer file media ke perangkat seluler melalui USB, Bluetooth, WiFi, atau dengan menulis ke kartu memori untuk dimasukkan ke perangkat seluler, namun juga berlaku untuk transfer aplikasi dari sumber web yang tidak disetujui vendor.

Saat mengacu pada aplikasi Android, "menginger" biasanya berarti memasang paket aplikasi dalam format APK ke perangkat Android. Paket seperti ini biasanya diunduh dari situs web selain toko aplikasi resmi Google Play. Untuk pengguna Android, menginger aplikasi hanya dapat dilakukan jika pengguna telah mengizinkan "Sumber Tidak Dikenal" di Pengaturan Keamanan mereka.[1]

Jika mengacu pada aplikasi iOS, "menginger" berarti memasang aplikasi dalam format IPA ke perangkat Apple, biasanya melalui penggunaan program komputer seperti Cydia Impactor[2] atau Xcode. Pada iOS versi modern, sumber aplikasi harus dipercaya oleh Apple dan pengguna di "profil dan manajemen perangkat" di pengaturan, kecuali saat menggunakan metode jailbreak untuk melakukan pengingeran aplikasi. Menginger hanya diizinkan oleh Apple untuk pengujian internal dan pengembangan aplikasi menggunakan SDK resmi.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Chris Chavez (2013-07-20). "How to sideload Android applications when they didn't come from the Google Play Store". phandroid.com. 
  2. ^ "Cydia Impactor". Diakses tanggal 2019-07-28. 
  3. ^ "Xcode and Apple SDKs Agreement" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2021-06-07. Diakses tanggal 14 September 2021.