Inge Inkiriwang Jambak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Templat:Nama orang Minangkabu

Inge Inkiriwang Jambak
Lahir21 Januari 1971 (umur 53)
Jakarta
KebangsaanIndonesia
PekerjaanKonsultan
Politisi (Wasekjen PAN)
Dikenal atas- Pembalap sepeda putri Indonesia
- Sekjen PB ISSI

Inge Inkiriwang Jambak (lahir 21 Januari 1971) adalah seorang mantan pembalap sepeda putri, penggiat balap sepeda, dan politisi Indonesia asal Sumatera Barat. Namanya cukup dikenal sebagai pembalap sepeda pada tahun 1980/90-an. Kini ia dipercaya sebagai Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri PB ISSI (Ikatan Sport Sepeda Indonesia) di bawah kepengurusan Raja Sapta Oktohari. Inge merupakan pendiri dan juga pengurus Association of Indonesia Cycling Athletes (AICA).

Ia juga sempat menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) PB ISSI di bawah kepengurusan Edmound J.T. Simorangkir pada tahun 2014, menggantikan sekjen sebelumnya, Sofyan Ruzian.[1][2] Di bidang politik, Inge juga duduk sebagai Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Amanat Nasional (PAN).

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Inge Inkiriwang Jambak lahir di Jakarta dari pasangan orang tua berdarah Minahasa dan Minangkabau, namun ia besar di Sumatera Barat. Ayahnya seorang Minahasa bermarga Inkiriwang, sedangkan ibunya seorang Minangkabau yang berasal dari klan suku Jambak, Padang Pariaman.

Karier atlet[sunting | sunting sumber]

Sewaktu masih duduk di bangku SMP Yos Sudarso di kota Padang, Inge senang bermain bola. Namun suatu ketika tangannya patah, sehingga ia dilarang bermain bola lagi oleh orang tuanya. Pada tahun 1985 ia mulai berlatih olahraga sepeda. Ia dilatih oleh teman ayahnya yang merupakan peraih medali emas Sea Games tahun 1978, yaitu Frans Tupang. Karena cukup potensial, ia dikirim ke kejuaraan nasional dan meraih juara kedua, dan sekaligus menjadi atlet balap sepeda perempuan pertama dari Sumbar. Atas potensinya itu ia kemudian dipanggil untuk ikut pelatnas persiapan Sea Games 1987.

Selama berkiprah di bidang balap sepeda di berbagai iven nasional dan internasional ia telah mengunjungi tak kurang dari 45 negara di dunia. Ia juga menjadi pengurus di banyak organisasi tingkat nasional dan internasional.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Demi Prestasi di Asian Games, PB ISSI Ganti Sekjen" Diarsipkan 2017-10-04 di Wayback Machine. Poskotanews.com. Diakses 4-10-2017.
  2. ^ "Sofyan Ruzian dicopot dari posisi Sekjen ISSI" Antaranews.com. Diakses 4-10-2017.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]