Indonesia Calling

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Indonesia Calling
SutradaraJoris Ivens
ProduserWaterside Workers Federation
PenulisJoris Ivens (naskah)
Catherine Duncan (komentar)
NaratorPeter Finch
SinematografiMarion Michelle
PenyuntingJoris Ivens
Tanggal rilis
  • 1946 (1946)
Durasi
22 menit
NegaraAustralia
BahasaInggris

Indonesia Calling adalah film dokumenter pendek Australia tahun 1946 yang disutradarai Joris Ivens dan diproduksi Waterside Workers' Federation. Film ini menampilkan Sydney tidak lama setelah Perang Dunia II. Dalam film tersebut, anggota serikat pelaut dan pekerja perairan menolak bekerja di kapal-kapal Belanda ("Armada Hitam") yang mengangkut persenjataan dan amunisi ke Indonesia dengan tujuan menumpas gerakan kemerdekaan di sana.[1] Film Ivens perlahan menjadi simbol bagi orang-orang yang bahkan belum pernah menontonnya dan punya banyak pendukung di Belanda walaupun belum ditayangkan secara luas waktu itu.

Joris Ivens mengalami persekusi atas sikapnya terhadap Belanda dan Indonesia. Paspornya disita oleh pemerintah Belanda selama beberapa bulan agar keberadaannya bisa diawasi. Pada tahun 1985, pemerintah Belanda menganugerahkan Golden Calf kepada Ivens. Dalam upacara penganugerahan, seorang menteri Belanda mengatakan, "Tidak lama setelah Perang Dunia, sikap Anda yang mendukung hak Indonesia menentukan nasib sendiri sekaligus film Anda, Indonesia Calling, membuat Anda berseberangan dengan pemerintah Belanda […] Kini, saya yakin bahwa sejarah telah berpihak kepada Anda daripada lawan Anda."

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Events on Australia's Film Front". The Mail (Adelaide, SA : 1912 - 1954). Adelaide, SA: National Library of Australia. 17 August 1946. hlm. 9 Supplement: SUNDAY MAGAZINE. Diakses tanggal 11 February 2012. 
  • Murray, Scott, ed. (1994). Australian Cinema. St.Leonards, NSW.: Allen & Unwin/AFC. hlm. 38. ISBN 1-86373-311-6. 
  • Hans Schoots, Living Dangerously: A Biography of Joris Ivens (Amsterdam: Amsterdam University Press, 2000)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]