Indeks Luas Daun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Fotografi hemisperikal, salah satu pendekatan menghitung Indeks Luas Daun dengan cara membandingkan luas kanopi dengan luas langit.

Indeks Luas Daun (ILD) adalah salah satu parameter dalam analisis pertumbuhan tanaman.[1] Nilai ILD didapat dari perbandingan setiap unit luas permukaan tanah yang tertutup oleh daun.[1] Luas daun merupakan proyeksi daun pada bidang datar, salah satu cara mengukur luas daun adalah dengan menempatkan contoh daun pada permukaan bidang datar.[1] Pengukuran ILD dapat dilakukan dengan berbagai cara yang paling umum dilakukan antara lain: 1. ILD total, yaitu total luas daun per unit luas terhadap proyeksi lahan di bawahnya, 2. ILD satu sisi (one-sided), yaitu total setengah luas daun per satuan unit luas lahan di bawahnya, ILD satu sisi cenderung sering digunakan sebagai parameter karena dianggap dapat menggambarkan pertukaran gas potensial, 3. ILD terproyeksi horizontal, yaitu luas daerah bayangan yang mewakili setiap daun, proyeksi daun ke bawah secara tegak lurus terhadap daun, 4. ILD terproyeksi condong atau disebut ILD siluet, merupakan model dari pengaruh penetrasi cahaya yang melalui kanopi, 5. ILD terproyeksi condong yang menghitung satu kali luas yang saling tumpang tindih (overlapping), model ILD ini cenderung sering digunakan pada aplikasi penginderaan jarak jauh.[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Suwarsono, Muchlisin Arief, Hidayat Sayidah Sulma, Nanik Suryo H., Heri Sulyantoro, Kuncoro Teguh Setiawan (2011). "Pengembangan Metode Penentuan Indeks Luas Daun Pada Penutup Lahan Hutan dari Data Satelit Penginderaan Jauh Spot-2". Jurnal Penginderaan Jauh. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional. 8: 50-59. 
  2. ^ (Inggris) Barclay, H.J. (1998). Conversion of Total Leaf Area to Projected Leaf Area in Lodgepole Pine and Douglas-Fir (PDF). Tree Physiology. 18. hlm. 185-193.