Inci raksa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Barometer Amerika pertama yang dikalibrasi dalam satuan inch raksa.

Inci raksa, (Inggris: Inch of mercury, inHg dan "Hg) merupakan satuan pengukuran untuk tekanan. Satuan ini masih digunakan untuk tekanan barometrik dalam meramal cuaca, pendinginan dan penerbangan di Amerika Serikat.

Satuan ini merupakan tekanan yang diberikan oleh kolom raksa dari ketinggian 1 inci (2,54 cm) pada kecepatan gravitasi standar. Konversi ke dalam satuan metrik tergantung pada suhu raksa, dan kepadatannya. Faktor konversi umumnya adalah:[1]

Kondisi Tekanan
konvensional 3386,389 Pascal
32 °F 3386,38 Pascal
60 °F 3376,85 Pascal

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Altimeter pesawat udara mengukur perbedaan tekanan relatif antara tekanan rendah di sekelilingnya pada ketinggian dan pembacaan yang dikalibrasi di darat. Di Amerika Serikat dan Kanada, pembacaan itu disediakan dalam satuan inci raksa. Pembacaan darat berbeda-beda tergantung dari cuaca dan rute pesawat terbang tersebut, sehingga pembacaan terkini dikirim secara berkala oleh pengawas lalu lintas udara. Pesawat yang terbang pada ketinggian tinggi (pada atau di atas ketinggian transisi, yang berbeda-beda menurut negara) mengatur ketinggian barometrik pada tekanan standar 29,92 inHg (1 atm = 29,92 inHg) atau 1013,25 hPa (1 hPa = 1 mbar) tanpa mempertimbangkan tekanan permukaan cairan sebenarnya. Hasil pembacaan altimeter dikenal sebagai aras penerbangan.

Pesawat bermesin piston dengan baling-baling berkecepatan konstan juga menggunakan satuan ini untuk mengukur tekanan manifold, yang menunjukkan kekuatan mesin yang dihasilkan. Dalam balap otomobil, satuan ini digunakan untuk mengukur tekanan inlet pengecas turbo (turbocharger). Namun, inci raksa masih digunakan saat ini dalam modifikasi performa mobil untuk mengukur jumlah kekosongan dalam manifold masukan mesin.

Dalam pengaturan suhu udara dan pendinginan, inHg sering digunakan untuk menggambarkan "inch vakum raksa", atau tekanan di bawah 0 psig, untuk pemulihan pendingin dari sistem pengaturan suhu udara dan pendingin, juga untuk pengujian kebocoran sistem selama masa kekosongan, dan untuk pengeringan sistem pendingin. Ukuran sisi rendah dalam manifold ukuran pendinginan menunjukkan tekanan di bawah 0 psig dalam "inci vakum raksa" (inHg), ke 30 inHg vakum.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Barry N. Taylor, Guide for the Use of the International System of Units (SI) 1995, NIST Special Publication 811, Appendix B.