Imiupu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Imiupu
Peltops

Lowland peltops (Peltops blainvillii)
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliCracticidae
GenusPeltops
Wagler, 1829
Species
Peltops blainvillii
Peltops montanus

Peltops atau imiupu adalah genus burung dalam keluarga Artamidae . Ini berisi dua spesies yang endemik di pulau Papua . Spesies ini juga mempunyai nama umum paruh-tameng.

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Gambar Nama ilmiah Nama yang umum Distribusi
</img> Peltops blainvillii Imiupu dataran rendah Indonesia dan Papua Nugini.
Peltops montanus Imiupu gunung Indonesia dan Papua Nugini

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Imiupu lebih kecil dari burung jagal, dan memiliki paruh yang tidak terlalu besar namun tetap besar. Imiupu gunung adalah spesies yang lebih besar, yaitu 20 cm (7,9 in), sedangkan peltop dataran rendah sedikit lebih kecil yaitu 18 hingga 19 cm (7,1–7,5 in) . Paruh yang bengkok memiliki ukuran yang sama pada kedua spesies, sehingga secara proporsional lebih besar pada imiupu dataran rendah. [1]

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Kedua spesies ini menempati hutan hujan di Papua, namun dipisahkan oleh ketinggian. Imiupu dataran rendah berkisar di seluruh pulau dari permukaan laut hingga 600 m (2.000 ft), sedangkan imiupu gunung berkisar antara 600 hingga 3.000 m (2.000–9.800 ft) . Di dalam hutan, bakteri ini banyak ditemukan di bukaan dan tepi hutan, pohon tumbang, tepi sungai, dan area terganggu lainnya termasuk bukaan yang dimodifikasi oleh manusia seperti jalan dan kebun. Di hutan perawan yang tidak terganggu, mereka mungkin memanfaatkan pohon-pohon besar yang muncul dari dan di atas kanopi . [2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Russell, Eleanor; Rowley, Ian (2009). "Family Cracticidae (Butcherbirds)". Dalam del Hoyo, Josep; Elliott, Andrew; Christie, David. Handbook of the Birds of the World. Volume 14: Bush-shrikes to Old World Sparrows. Barcelona: Lynx Edicions. hlm. 308–342. ISBN 978-84-96553-50-7. 
  2. ^ Russell, Eleanor; Rowley, Ian (2009). "Family Cracticidae (Butcherbirds)". Dalam del Hoyo, Josep; Elliott, Andrew; Christie, David. Handbook of the Birds of the World. Volume 14: Bush-shrikes to Old World Sparrows. Barcelona: Lynx Edicions. hlm. 308–342. ISBN 978-84-96553-50-7.