Ikut Aku ke Neraka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ikut Aku ke Neraka
Ikut Aku Ke Neraka

Poster film
Index card (en)
SutradaraAzhar Kinoi Lubis
Protagonis
Performing arts production (en)Gope T. Samtani
MusikRicky Lionardi
DistributorRapi Films
Penampilan perdana
Durasi96 menit
Bahasa asli (film atau acara televisi)Indonesia
Lokasi pemfilmanIndonesia
Pendapatan box officeRp 4,8 miliar
Deskripsi
Latar tempatIndonesia

Ikut Aku ke Neraka merupakan film hantu Indonesia yang dirilis pada 11 Juli 2019 disutradarai oleh Azhar Kinoi Lubis dan dibintangi Sara Wijayanto, Cut Mini, Clara Bernadeth, dan Rendy Kjaernett.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Plot[sunting | sunting sumber]

Lita dan Rama adalah sepasang suami istri yang bahagia. Mereka baru saja melahirkan anak pertama mereka. Namun, kebahagiaan mereka tak berlangsung lama.Lita sering mengalami hal-hal aneh. Ia sering melihat sosok hantu perempuan berambut panjang di sekitar tempat tidurnya. Hantu tersebut selalu menatapnya dengan tatapan penuh kebencian.

Teror semakin menjadi-jadi setelah Lita pulang ke rumah. Hantu tersebut terus menghantui Lita dan keluarganya. Rama mencoba untuk membantu Lita, tetapi ia tidak bisa melihat hantu tersebut.

Lita akhirnya memutuskan untuk menemui seorang paranormal bernama Adam. Adam melakukan ritual untuk mengusir hantu tersebut, tetapi ritual tersebut gagal. Adam kemudian menyarankan Lita untuk jujur tentang masa lalunya.

Lita ternyata memiliki masa lalu yang kelam yang ia sembunyikan dari Rama. Lita memiliki saudara kembar bernama Nina. Nina dan Lita lahir kembar siam, tetapi mereka hanya memiliki satu jantung. Dokter harus memutuskan salah satu dari mereka untuk diselamatkan. Nina yang meninggal ingin saudara nya Lita ikut bersamanya ke Neraka.[1]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Ikut Aku ke Neraka adalah film bergenre horor disutradarai oleh Azhar Kinoi Lubis yang sebelumnya menyutradarai film Kuambil Lagi Hatiku (2019); sebelumnya Azhar juga menyutradarai film bergenre serupa yaitu Kafir: Bersekutu dengan Setan (2018). Film ini dibintangi Sara Wijayanto, Cut Mini, Clara Bernadeth, dan Rendy Kjaernett. Pengambilan gambar utama dilakukan di kawasan Puncak sejak 6 Februari.[2]

Berlawanan dengan peran sebelumnya yakni paranormal, Sara berperan sebagai dokter dalam film ini. Sara mengaku bahagia tidak lagi berperan sebagai paranormal. Untuk mendalami perokohannya, Sara menggunakan rujukan tokoh utama di The Exorcism of Emily Rose (2005).[3]

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Film ini ditayangkan pada 11 Juli 2019 di Indonesia bersamaan dengan film lainnya seperti Dua Garis Biru; diundurkan dari jadwal semula yaitu April 2019. Film ini akan ditayangkan di Malaysia pada 19 September 2019.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Membandingkan dengan film karyanya Kucumbu Tubuh Indahku yang menuai beragam pendapat di kalangan umum, Garin Nugroho menyebut Ikut Aku ke Neraka tidak menyebabkan penonton untuk masuk neraka.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sinopsis Film Ikut Aku Ke Neraka, Film Horor tahun 2019". AyoBadung. 
  2. ^ Pangesti, Rena (30 Januari 2019). "Main Film Horor Perdana, Cut Mini Ajukan Syarat ke Produser". Okezone. Diakses tanggal 13 Juni 2019. 
  3. ^ Rahmawati, Tantri Dwi (1 Februari 2019). "Terlibat Film 'Ikut Aku ke Neraka', Sara Wijayanto Senang Tak Perankan Paranormal". Kapanlagi. Diakses tanggal 13 Juni 2019. 
  4. ^ Triyono, Heru (13 Mei 2019). "Garin Nugroho: Saya lawan meski diancam dibunuh". Beritagar. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-11-16. Diakses tanggal 20 Mei 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]