Ikan raja herring

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ikan raja herring yang terdampar di meksiko

Ikan Raja Herring (Regalecus glesne) merupakan spesies dari oarfish dari keluarga Regalecidae. Tersebar di seluruh dunia (tidak termasuk di wilayah kutub). Ikan ini juga dijuluki "ikan pita". Ikan raja herring merupakan ikan bertulang sejati terpanjang di dunia. Perawakannya yang seperti pita, dengan sirip punggung di sepanjang tubuhnya, serta sirip dada yang tipis dan panjang. Ikan raja herring berwarna keperakan dengan titik hitam dan sirip berwarna merah. Karakteristik fisik dan metode berenangnya yang berombak telah menyebabkan spekulasi bahwa ini mungkin menjadi sumber banyak penampakan "naga laut".

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Ikan ini dapat tumbuh sepanjang 11 meter,[1] namun ada laporan spesimen yang belum terkonfirmasi tumbuh hingga 17 meter. Berat maksimum yang pernah tercatat mencapai 270 kilogram. Tubuhnya yang seperti pita, dengan sirip punggung di sepanjang tubuhnya dari kepala hingga ujung ekor.[2] Sirip punggungnya yang lembut dan bisa berjumlah 400 atau lebih dan memiliki jambul yang memanjang di atas kepala. kepalanya kecil dan memiliki insang yang berjumlah 40-58 insang, dan tidak memiliki gigi.

Penyebaran[sunting | sunting sumber]

kerangka dari ikan raja herring

Ikan raja herring dapat ditemukan di perairan terbuka di seluruh dunia terutama di zona pelagis. Juga diketahui sebagai ikan migrasi yang mengikuti sumber makanannya. Ikan ini bisa bermigrasi jauh ke utara maupun ke selatan. Tetapi, biasanya bermigrasi ke daerah tropis sampai garis lintang tengah. Ia hidup di kedalaman maksimal 1000 meter di bawah permukaan laut.

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Hanya sedikit informasi yang diketahui dari ikan ini. Berenang menggunakan sirip punggungnya dalam posisi vertikal. Pada tahun 2010, ilmuwan telah memfilmkan ikan raja herring di teluk meksiko[3][4] yang berenang di zona mesopelagik. rekaman pertama mengenai ikan ini dapat diidentifikasi dengan baik. Ia memakan krill dan krustasea lainnya,[5] serta ikan kecil dan cumi-cumi. Ikan raja herring diketahui bertelur di bulan juli sampai desember. Telurnya berukuran 2,5 milimeter, dan mengambang di permukaan hingga menetas. Ia merupakan ikan yang hidup soliter.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Oarfish: Photos of World's Longest Bony Fish". Live Science. Diakses tanggal 2017-11-19. 
  2. ^ "Oarfish, Regalecus glesne (Ascanius, 1772) - Australian Museum". australianmuseum.net.au (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-11-19. 
  3. ^ "Regalecus glesne (Giant Oarfish, King of Herrings, King of The Herring, Oarfish, Oar-fish, Pacific Oarfish, Ribbonfish, Ribbon-fish, Streamer Fish)". www.iucnredlist.org. Diakses tanggal 2017-11-19. 
  4. ^ okler.net. "Giant Oarfish". www.thejump.net. Diakses tanggal 2017-11-19. 
  5. ^ "5 Surprising Facts About the Oarfish That Has Been Washing Up on Beaches". 2013-10-22. Diakses tanggal 2017-11-19.