Ikan nike

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ikan nike adalah nama yang digunakan untuk merujuk beberapa spesies ikan goby seperti awaous melanocephalus, sicyopterus parvei, sicyopterus cynocephalus, sicyopterus longifilis, sicyopterus lagocephalus, dan stiphodon semoni[1], yang juga ditemukan di perairan air tawar di India, Sri Lanka, Kepulauan Ryukyu, Tiongkok, Taiwan, Vietnam, Thailand, Filipina, Indonesia, Papua Nugini, dan Kepulauan Solomon. Ukurannya kecil, dan tubuh ikan dewasa berwarna belang-belang. Nike juga biasa disebut dengan ikan (duwo) oleh penduduk Gorontalo. Ikan ini kaya akan kandungan gizi dan dikonsumsi oleh penduduk Gorontalo dan sekitarnya, . Ikan Nike juga menjadi salah satu makanan favorit penduduk daerah Gorontalo.

Kandungan dan Gizi[sunting | sunting sumber]

Dalam keadaan segar, sebagian besar kandungan ikan nike yakni air sekitar 70 persen dan protein 16 persen.[2] Selain itu, ikan nike juga mengandung kalsium, fosfor, yang bagus untuk pertumbuhan. Ada zinc juga kemudian zat besi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sahami, Femy M.; Kepel, Rene Charles; Olii, Abdul Hafidz; Pratasik, Silvester Benny; Lasabuda, Ridwan; Wantasen, Adnan; Habibie, Sitty Ainsyah (2020-09-11). "Morphometric and genetic variations of species composers of nike fish assemblages in Gorontalo Bay Waters, Indonesia". Biodiversitas Journal of Biological Diversity (dalam bahasa Inggris). 21 (10). doi:10.13057/biodiv/d211015. ISSN 2085-4722. 
  2. ^ Sukmasari, Radian Nyi. "Mengulik Kandungan Gizi Ikan Nike yang Banyak Ditemui di Sulawesi Utara". detikcom. Diakses tanggal 2020-03-06.