Ikan Wrasse

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Wrasses adalah ikan laut dari famili Labridae, di mana kebanyakan spesiesnya berwarna cerah. Keluarga ikan ini berjumlah besar, dengan sekitar 500 spesies dari 60 genera.

Mereka pada umumnya adalah ikan kecil, dengan ukuran kurang dari 20 cm panjangnya, meski yang terbesar, Humphead, dapat mencapai panjang 2,5 meter. Mereka adalah karnivora yang efisien, memakan berbagai invertebrata kecil. Banyak wrasse kecil memakan sisa makanan ikan besar dengan cara mengikutinya dan mengambil sisa makanannya, atau mengambil invertebrata yang terganggu oleh arus ikan besar tersebut.

Wrasse hanya ada di lautan. Mereka ditemukan di Samudra Atlantik, Hindia, dan Pasifik. Umumnya mendiami perairan dangkal seperti terumbu karang dan pantai berbatu di mana mereka hidup dekat dengan substratnya.

Wrasse memiliki mulut protraktil, umumnya dengan rahang yang terpisah dengan tengkoraknya. Banyak spesies yang dapat diketahui hanya dengan melihat bentuk bibirnya yang tebal, bagian dalamnya umumnya terlipat. Sirip bagian dorsal memiliki 8-21 ruas. Wrasse umumnya berwarna cerah dan bersifat dimorfisme seksual. Banyak spesies yang mampu mengubah jenis kelaminnya; spesies remaja umumnya berkelamin ganda, namun spesies dewasa sudah memiliki satu kelamin.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Choat, J.H. & Bellwood, D.R. (1998). Paxton, J.R. & Eschmeyer, W.N.. ed. Encyclopedia of Fishes. San Diego: Academic Press.