Idola Kecil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Idola Kecil
logo
Logo Idola Kecil
Format Acara realitas
Pembawa acara Zizan Razak
Alif Satar
Negara Malaysia
Jumlah musim 5
Jumlah episode variasi
Produksi
Durasi 60 menit
Siaran
Stasiun televisi TV9
Format gambar 480i (SDTV)
Format audio Stereo
Siaran sejak 2008  sekarang

Idola Kecil adalah sebuah ajang pencarian penyanyi cilik yang berusia 8 hingga 12 tahun di Malaysia. Nama dan penyelenggaraan Idola Kecil terinspirasi dari acara serupa yang telah lebih dahulu ada di Indonesia, yaitu Idola Cilik. Ajang Idola Kecil ini bertujuan untuk menyaring dan mendapatkan bakat-bakat muda dalam bidang menyanyi di Malaysia. Idola Kecil adalah ajang kontes menyanyi bagi anak-anak yang terpopuler di Malaysia. Idola Kecil disiarkan di Malaysia oleh channel TV9 secara kontinu setiap pekan. Juara dalam ajang ini akan mendapat gelar sebagai "Idola Kecil".

Format[sunting | sunting sumber]

Audisi dan Pemilihan Finalis[sunting | sunting sumber]

Sebelum para finalis dipilih, para peserta diwajibkan mengikuti audisi yang diselenggarakan di seluruh Semenanjung Malaysia. Dari seluruh jumlah peserta audisi yang mencapai ribuan anak, hanya 30 peserta yang akan dipilih untuk lolos. Selanjutnya, mereka akan kembali mengikuti proses seleksi oleh juri dalam sesi terakhir pemilihan para finalis untuk dapat tampil di konser Idola Kecil.

Setelah para finalis dipilih, mereka akan dikarantina di sebuah asrama untuk diberikan pelatihan-pelatihan berupa koreografi, olah vokal, penampilan, kepribadian, dan tata busana oleh para pelatih yang ahli di bidangnya.

Perbedaan Idola Kecil dan Idola Cilik[sunting | sunting sumber]

Alif Satar, pembawa acara Idola Kecil.

Perbedaan utama yang paling mencolok antara Idola Kecil dan Idola Cilik adalah sistem pemilihan para pesertanya. Untuk menentukan maju dan tidaknya para peserta dari babak pertama menuju babak-babak berikutnya, Idola Kecil tidak menggunakan sistem hasil voting SMS para pemirsa, tetapi benar-benar menggunakan sistem penilaian dan keputusan mutlak dari para juri (di Idola Kecil disebut dengan istilah 'Keputusan Pemarkahan Juri'). Idola Kecil juga tidak menggunakan format Kualifikasi Grup, Babak Semifinal, dan Babak Final seperti yang digunakan di Idola Cilik, tetapi menggunakan format konser, yaitu konser pertama hingga konser kedelapan sebelum penyelenggaraan konser terakhir (Konser Grand Final) untuk menentukan pemenangnya. Para pemenang dan para peserta yang tereliminasi dari ajang Idola Kecil ditentukan semuanya oleh keputusan juri.

Hal ini sangat berbeda dengan Idola Cilik yang menggunakan sistem hasil voting SMS untuk menentukan maju dan tidaknya para peserta ke babak berikutnya, ditambah dengan adanya "Hak Bintangku" atau wildcard di Pentas Idola Cilik, dimana wildcard diberikan kepada peserta yang penampilannya sangat baik dan potensial namun mendapatkan voting SMS terendah, sehingga dapat tampil kembali di pekan berikutnya. Selain itu, tidak seperti Idola Cilik yang menggunakan juri tetap, para juri di Idola Kecil berbeda-beda setiap pekan (tergantung kepada juri tamu), dikarenakan tema lagu dalam konser juga berbeda-beda setiap pekan.

Sebagai tambahan informasi mengenai konser, Idola Kecil menggunakan format delapan kali konser ditambah satu konser terakhir, yaitu Grand Final yang menampilkan 6 peserta terbaiknya, dimana peserta yang mendapatkan nilai tertinggi dari juri dan menduduki peringkat teratas pada konser Grand Final ditetapkan sebagai Juara Idola Kecil. Sistem tersebut sangat berbeda dengan Idola Cilik yang menggunakan format Babak Kualifikasi Grup (Menuju Pentas Idola Cilik), Babak Semifinal, Babak Final (Pentas Idola Cilik), dan terakhir Babak Grand Final (GF) hingga memunculkan satu orang Juara Idola Cilik yang dipilih murni melalui voting dukungan melalui SMS para pemirsa.

Pengisi Acara[sunting | sunting sumber]

Pembawa Acara[sunting | sunting sumber]

Tahun Musim Host
2008
Idola Kecil Musim Pertama Zizan Razak
2009
Idola Kecil Musim Kedua Alif Satar
2010
Idola Kecil Musim Ketiga Alif Satar
2011
Idola Kecil Musim Keempat Alif Satar
2012
Idola Kecil Musim Kelima Alif Satar
2013
Idola Kecil Musim Keenam Alif Satar

Pemenang[sunting | sunting sumber]

Para Finalis Idola Kecil 3.
Tahun Musim Juara Pertama Juara Kedua Juara Ketiga
2008 Idola Kecil Musim Pertama Wada Haqiem Syaza
2009 Idola Kecil Musim Kedua Dayana Azzam Ain
2010 Idola Kecil Musim Ketiga Harris Putri Balqis
2011 Idola Kecil Musim Keempat2 Fifa Irish Abby
2012 Idola Kecil Musim Kelima3 Farra Darling Zulfeka
2013 Idola Kecil Musim Keenam Danial Aby Dani

Pranala luar[sunting | sunting sumber]