ISO 3103

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

ISO 3103 adalah standar yang diterbitkan oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi (atau sering disebut ISO). Standar ini menetapkan metode standar untuk menyeduh teh. ISO 3103 kemungkinan besar dibuat mengikuti metode standar yang dijelaskan dalam ISO 1839.[1] Awalnya ditetapkan pada tahun 1980 sebagai BS 6008: 1980 oleh British Standards Institution.[2] Standar tersebut disusun oleh Komite Teknis ISO 34 (produk Makanan), Sub-Komite 8 (Teh).

Isi bagian Abstraknya adalah sebagai berikut:

Metode ini terdiri dari ekstraksi zat terlarut dari daun teh dalam sebuah wadah porselain atau bejana lain, dengan cara menuangkan air yang baru mendidih, menuangkan minuman ke dalam mangkuk porselen putih atau tembikar, pemeriksaan sifat organoleptik daun yang diinfusikan, dan menghasillkan minuman dengan atau tanpa susu, atau keduanya.

Standar ini tidak dimaksudkan untuk mendefinisikan metode yang tepat untuk menyeduh teh yang dimaksudkan untuk konsumsi umum, melainkan untuk mendokumentasikan prosedur pembuatan teh di mana perbandingan sensorik yang bermakna dapat dibuat. Contoh dari tes semacam itu adalah uji rasa untuk menentukan campuran teh (blend) yang dipilih untuk merek atau label tertentu untuk mempertahankan minuman yang diseduh dengan rasa yang konsisten dalam produksi dari masa ke masa.


Standar serupa[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2003 Royal Society of Chemistry menerbitkan pers release berjudul "How to make a Perfect Cup of Tea".[3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • Seduhan
  • Pencicipan teh, praktik profesional pengambilan sampel teh untuk mengecek karakteristik rasanya
  • Teko, wadah tradisional untuk menyeduh dan menyajikan teh

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "ISO Standard for sampling tea from containers of all sizes". 
  2. ^ Royal Charter and Bye-laws, 1981, The British Standards Institution
  3. ^ "How to make a Perfect Cup of Tea" (PDF). Royal Society of Chemistry. 2003. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2014-08-11. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]