Hyperiidea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hyperiidea
Hyperia galba (Hyperiidae)
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Subfilum:
Kelas:
Ordo:
Subordo:
Hyperiidea

Familia

Lihat teks

Hyperiidea adalah subordo Amphipoda, krustasea akuatik kecil. Berbeda dengan subordo Amphipoda lainnya, Hyperiidea secara eksklusif berhabitat di laut dan tidak terdapat pada air tawar. Hyperiidae dibedakan dengan subordo lainnya dengan ciri mata besar dan habitat planktonik. Sebagian besar spesies Hyperiidea merupakan parasit atau predator Salpidae dan ubur-ubur dalam bentuk plankton, walaupun Themisto gaudichaudii dan beberapa kerabatnya merupakan predator bebas Copepoda dan hewan planktonik kecil lainnya.

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Menurut Vinogradov dkk.,[1] terdapat 233 spesies Hyperiidea yang diketahui.

Terdapat kontroversi mengenai jumlah familia Hyperiidea, antara 20 dan 23 familia tergantung pada apakah kelompok seperti Thaumatopsidae dianggap berbeda atau tidak. Berikut daftar konservatif dari 20 familia:

Distribusi[sunting | sunting sumber]

Hyperiidea diketahui keberadaannya di banyak samudra di dunia dengan 69 spesies berada di Samudra Antartik.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Vinogradov, M. E., A. F. Volkov & T. N. Semenova (1996). Hyperiid amphipods (Amphipoda: Hyperiidea) of the world. Lebanon, N. H.: Science Publishers. ISBN 1-886106-48-7. 
  2. ^ C. De Broyer; K. Jazdzewski (1993). "Contribution to the marine biodiversity inventory: A checklist of the Amphipoda (Crustacea) of the Southern Ocean". Doc Trav Inst R Sci Nat Belg. 73. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-06. Diakses tanggal 2017-12-09.