Hutan Wisata Kucur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Hutan Wisata Kucur adalah salah satu tujuan wisata yang berupa hutan wisata yang berada di wilayah Kabupaten Ponorogo. Hutan wisata Kucur ini termasuk dalam atlas wisata daerah Jawa Timur. Hutan Wisata Kucur ini terletak di Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo.

Hutan wisata Kucur ini memiliki 258.790 hektar. Untuk bisa menuju ke sana wisatawan harus melalui jalanan tanjakan berbatu yang berjarak sekitar 3 kilometer dari jalan utama. Hutan wisata Kucur ini berada di jalan antar provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur di bagian selatan. Sehingga seringkali bisa dipergunakan sebagai tempat beristirahat. Di dalamnya wisatawan bisa menjumpai Bendungan Dangkak yang memiliki luas 2 hektar.[1] Hutan wisata Kucur ini memiliki fungsi sebagai taman nasional dan juga seringkali dipergunakan sebagai lokasi perkemahan.

Hutan wisata Kucur berjarak kurang lebih 25 kilometer dari pusat kota Ponorogo. Jalan ini dilintasi oleh kendaraan umum sehingga memudahkan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini. Namun akan lebih menyenangkan jika berkunjung ke tempat ini dengan menggunakan kendaraan pribadi. Di sekitar lokasi masuk ke hutan wisata Kucur, warga sekitar juga membangun beberapa tempat berjualan dan juga fasilitas-fasilitas umum seperti halnya tempat parkir, mushola, dan sebagainya,

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Atlas Pariwisata Jawa Timur. Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional. 2005. ISBN 9789798647901.