Hürriyet Daily News

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Hurriyet Daily News)
Hürriyet Daily News
TipeSurat kabar harian
FormatLembar lebar
PemilikDoğan Media Group
RedaksiMurat Yetkin
DidirikanMaret 1961
Pandangan politikSekuler, Tengah-kiri
Liberal
PusatHürriyet Medya Towers, Güneşli, 34212 Istanbul, Turki
ISSN1300-0721
Situs webwww.hurriyetdailynews.com

Hürriyet Daily News, awalnya Hürriyet Daily News and Economic Review dan Turkish Daily News, adalah harian berbahasa Inggris tertua saat ini di Turki, yang didirikan pada 1961. Surat kabar tersebut diterbitkan oleh Doğan Media Group pada 2001 dan di bawah naungan grup media Hürriyet sejak 2006.

Ideologi[sunting | sunting sumber]

Hürriyet Daily News mengambil posisi sekuler dan liberal atau tengah-kiri pada sebagian besar masalah-masalah politik, berkebalikan dengan dua kompetitor utamanya, Today's Zaman dan Daily Sabah, yang sangat beraliansi dengan Partai Keadilan dan Pengembangan yang dipimpin oleh Recep Tayyip Erdoğan, meskipun Today's Zaman memiliki hubungan yang buruk dengan Partai Keadilan dan Pengembangan sejak hubungannya dengan investigasi korupsi Desember 2013 yang menargetkan beberapa orang yang dekat dengan Perdana Menteri Erdoğan.

Kepemimpinan[sunting | sunting sumber]

Ketua penyunting-nya saat ini adalah Murat Yetkin.

Kolumnis[sunting | sunting sumber]

Surat kabar tersebut berisi penyorotan berita domestik, regional, dan internasional, yang mengabarkan ekonomi dan kebudayaan, serta potongan-potongan opini reguler dari para pemikir dan jurnalis Turki seperti Mehmet Ali Birand,[1] Soner Çağaptay,[2] Nuray Mert,[3] Mustafa Akyol,[4] İlhan Tanir,[5] Burak Bekdil,[6] Sedat Ergin,[7] Semih İdiz,[8] dan mantan penyunting David Judson.[9][10]

Akses[sunting | sunting sumber]

Markas besar Daily News berbasis di Menara Doğan Medya di Istanbul, dengan sebuah kantor satelit di Ankara. Surat kabar tersebut dapat dibaca melalui online[11] atau dalam bentuk surat kabar. Surat kabar tersebut dapat ditemukan di wilayah-wilayah metropolitan utama di Turki, seperti Istanbul dan Ankara, serta di sepanjang pesisir Aegea dan Laut Tengah.

Referensi[sunting | sunting sumber]