Humbaba

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Humbaba, Hubaba,Huwawa merupakan suatu nama dalam mitologi Mesopotamia.[1][2] Namun demikian, Humbaba juga dikenal di daerah Babilonia.[1][2] ia juga dikenal dalam beberapa kisah mitologi yang terdapat di Sumeria.[2]Di daerah Mesopotamia, ia dikenal sebagai penjaga dari suatu hutan.[2] Hutan tersebut berada di daerah barat yang sekarang adalah daerah Libanon.[2] salah satu dari bagian tubuh Humbaba merupakan usus dari manusia.[1] Humbaba kemudian mati dibunuh oleh Gilgames dan Enkidu.[2] Gilgames dan Enkidu memotong kepala dari Humbaba.[1] Nama Humbaba mempunyai hubungan dengan nama Hobab dan Keni yang mempunyai hubungan dengan Musa.[2] Nama Humbaba sendiri di daerah Babilonia dikenal dengan nama Huwawa.[2] Ia dikenal sebagai iblis yang tidak mempunyai belas kasihan.[1] Ia merupakan iblis yang berkuasa atas petir.[1] Namun demikian, petir yang ia kuasai atas kekuatan angin yang dimiliki oleh Enkidu dan kekuatan matahari yang dimiliki oleh Gilgames.[1] Humbaba dibunuh oleh Gilgames dan Enkidu karena mereka berdua harus melewatinya untuk dapat melawan menjempur Uruk.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g (Inggris) Gertrude Jobes. 1962. Dictionary of Mythology Folklore and Symbols. New York: The Scarecrow press. Hlm 804-805.
  2. ^ a b c d e f g h i (Inggris) Karel Van Der Toorn et.all. 1999. Dictionary of Deities and Demons in the Bible. 431-432.