Hromada

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hromada Ukraina pada tahun 2020 (raion di Krimea)

Hromada (Ukraina: територіальна громада) adalah unit dasar pembagian administratif di Ukraina, mirip dengan munisipalitas. Didirikan oleh Pemerintah Ukraina pada 12 Juni 2020.[1] Istilah serupa ada di Polandia (gromada) dan di Belarus (hramada). Terjemahan harfiah dari istilah ini adalah "komunitas", mirip dengan istilah yang digunakan di negara-negara Eropa Barat, seperti Jerman (Gemeinde), Prancis (commune), Italia (comune), dan Portugal (freguesia), atau di beberapa negara berbahasa Inggris (township).

Hromada disebut hromada perkotaan jika pemerintahannya berlokasi di kota; pemukiman hromada jika terletak di pemukiman (selyshche), dan hromada pedesaan jika terletak di desa (selo) atau pemukiman pedesaan lainnya.[2] Wilayah hromada (yang, pada gilirannya, dibagi menjadi 7744 starosta okruhs (sesepuh))[3] membentuk raion (distrik) dan beberapa raion membentuk oblast (wilayah).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Konstitusi Ukraina dan beberapa undang-undang lainnya, termasuk Undang-Undang tentang Pemerintahan Daerah, mendelegasikan hak dan kewajiban tertentu kepada hromada. Jenis hromada meliputi kota, pemukiman tipe perkotaan, pemukiman pedesaan, dan desa. Dalam rancangan amandemen konstitusinya pada bulan Juni 2014, Presiden Petro Poroshenko mengusulkan perubahan pembagian administratif Ukraina, yang menurutnya harus mencakup oblast, raion, dan hromada.[4]

Pada 12 Juni 2020, Pemerintah Ukraina menyetujui wilayah dan pusat administrasi hromada, yang mencakup pemukiman di seluruh wilayah Ukraina kecuali Krimea.[5] Sebanyak 1.470 hromada disetujui.

Pada 12 Agustus 2020, hromada Sokoliv di Oblast Cherkasy menjadi bagian dari hromada Zhashkiv.[6] Jadi, ada 1469 hromada.

Referensi[sunting | sunting sumber]