Head-driven phrase structure grammar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Hpsg)


Head-driven phrase structure grammar (HPSG) atau Tata bahasa struktur frasa berbasis induk adalah teori tata bahasa generatif yang dikembangkan oleh Carl Pollard dan Ivan Sag.[1][2] Teori ini adalah salah satu jenis tata bahasa struktur frasa, yang berlawanan dengan tata bahasa dependensi, dan adalah penerus langsung dari tata bahasa struktur frasa umum. HPSG menggunakan teori dari bidang-bidang lain seperti Ilmu komputer (sistem jenis dan representasi pengetahuan) dan konsep Ferdinand de Saussure tentang tanda. Teori ini menggunakan formalisme seragam dan terorganisasi dalam sistem modular yang membuatnya menarik untuk pemrosesan bahasa alami.

Tata bahasa HPSG mencakup prinsip-prinsip dan aturan-aturan tata bahasa serta entri leksikon yang biasanya tidak dianggap sebagai bagian dari tata bahasa. Teori ini berdasarkan leksikalisme. Dalam teori ini, leksikon tidak hanya berupa daftar entri tetapi juga terstruktur. Tiap entri ditandai dengan tipe. Tipe-tipe membentuk sebuah hierarki. Versi awal tata bahasa ini sangat bergantung pada leksikon dengan sedikit aturan-aturan tata bahasa (skema). Penelitian akhir-akhir ini cenderung untuk menambah lebih banyak aturan-aturan dengan informasi yang lebih kaya, menjadi lebih seperti tata bahasa konstruksi.[3]

Dalam HPSG, tipe dasar adalah tanda. Kata dan frasa adalah dua subtipe tanda yang berbeda. Sebuah kata memiliki dua fitur: [PHON] (bunyi, bentuk fonetik) dan [SYNSEM] (informasi sintaks dan semantik), keduanya dibagi menjadi beberapa subfitur. Tanda-tanda dan aturan-aturan diformalisasikan sebagai struktur fitur bertipe.

Tata bahasa contoh[sunting | sunting sumber]

HPSG menghasilkan string atau deret simbol dengan menggabungkan tanda-tanda, yang ditentukan oleh kedudukannya di dalam hierarki tipe dan oleh struktur fitur internalnya, diwakili oleh matriks nilai atribut atau attribute value matrix (AVM). [2][4] Fitur memiliki nilai berupa tipe atau daftar tipe, dan nilai-nilai ini bisa mempunyai struktur fitur masing-masing. Aturan-aturan tata bahasa sebagian besar dinyatakan melalui tanda-tanda batasan yang ditempatkan satu sama lain. Struktur fitur tanda menggambarkan sifat-sifat fonologi, sintaks, dan semantik tanda tersebut. Dalam notasi biasa, AVM ditulis sebagai berikut: fitur dalam huruf kapital dan tipe dalam huruf kecil italik. Indeks angka dalam AVM menyatakan nilai token yang identik.

Dalam AVM sederhana untuk kata "walks" di bawah, informasi kategorial kata kerja dibagi dalam fitur-fitur yang menggambarkan induk (HEAD) dan fitur-fitur argumen (VALENCE).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pollard, Carl, and Ivan A. Sag. 1987. Information-based syntax and semantics. Volume 1. Fundamentals. CLSI Lecture Notes 13.
  2. ^ a b Pollard, Carl; Ivan A. Sag. (1994). Head-driven phrase structure grammar. Chicago: University of Chicago Press.
  3. ^ Sag, Ivan A. 1997. English Relative Clause Constructions. Journal of Linguistics . 33.2: 431-484
  4. ^ Sag, Ivan A.; Thomas Wasow; & Emily Bender. (2003). Syntactic theory: a formal introduction. 2nd ed. Chicago: University of Chicago Press.
AVM for walks
AVM for walks