Hotel Sriwijaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Hotel Sriwijaya adalah sebuah hotel tertua di Jakarta. Hotel berbintang tiga ini terletak di pojokan Jalan Veteran dan Jalan Veteran I, Jakarta Pusat. Hotel Sriwijaya berdiri sejak 1863 sejak Conrad Alexander Willem Cavadino atau CAW Cavadino yang memulai usaha restoran dan kue. Restoran ini berubah menjadi hotel pada tahun 1872 sementara usaha restoran dan kue dipindahkan ke Toko Cavadino yang terletak di bagian depan bangunan hotel. Hotel Cavadino bertahan sampai dengan tahun 1898 kemudian berubah menjadi Hotel du Lion d'Or. Pada tahun 1941, hotel ini kembali mengganti namanya menjadi Park Hotel dan diperkirakan pada tahun 1950 nama hotel berubah menjadi Hotel Sriwijaya yang bertahan hingga sekarang.

Beberapa perubahan yang telah dilakukan antara lain adalah renovasi pada tahun 1999 karena sebagian besar dari kayu-kayu bangunan telah dimakan oleh rayap. Selain itu, halaman depan hotel saat ini sesungguhnya adalah halaman samping dari bangunan aslinya. Pada bagian lobi dan bagian dalam hotel juga dihiasi oleh foto-foto kuno hotel dan tempat-tempat bersejarah lainnya di Jakarta.[1]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Media, Kompas Cyber (2009-08-05). "Hotel Sriwijaya, Hotel Tertua di Jakarta - Kompas.com". KOMPAS.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-09-06.