Grand Inna Samudra Beach

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Hotel Samudra Beach)
Grand Inna Samudra Beach
Nama lainInna Samudra Beach Hotel, Samudra Beach Hotel, SBH, Hotel Samudra
Jaringan hotelInna Hotels & Resorts
Informasi umum
StatusBeroperasi
LokasiIndonesia Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia
Pembukaan1962
Situs web
hig.id/hotels/grand-inna-samudra-beach

Grand Inna Samudra Beach adalah salah satu hotel berbintang di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Berlokasi di tepi pantai, hotel ini merupakan salah satu hotel yang populer di kalangan wisatawan di Jawa Barat maupun luar Jawa bahkan mancanegara.

Pantai Karang Naya, Palabuhanratu
Perangko Indonesia tahun 1965

Inna Samudera Beach Pelabuhan Ratu Hotel adalah salah satu hotel mewah dan berbintang pertama yang dibangun di Indonesia pada tahun 1962,[1] pada kurun waktu yang sama dengan Hotel Indonesia.

Kamar yang terkenal di hotel ini adalah kamar 308 yang dipercaya menjadi milik Nyi Roro Kidul. Kamar ini memiliki nuansa warna hijau, warna kebesaran Nyi Roro Kidul, dan berisi lukisan Nyi Roro Kidul, mahkota, serta beberapa perhiasan, hingga pakaian kebesaran Nyi Roro Kidul yang berwarna hijau. Ada pula surat-surat dari doa dan pertapaan orang-orang yang meminta rezeki dan jodoh.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Herfianto (14 Mei 2020). Mutiah, Dinny, ed. "Mengintip Hotel Legendaris Peninggalan Presiden Sukarno di Kawasan Palabuhanratu". Liputan6.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-08. Diakses tanggal 17 Januari 2020. 
  2. ^ Widodo, Wahyu Setyo (8 Desember 2016). "Berani Tidur di Kamar Nyi Roro Kidul?". detikcom. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-08. Diakses tanggal 17 Januari 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]