Home Sweet Home (film 2005)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Home Sweet Home
Berkas:Home Sweet Home poster.jpg
Poster film
Nama lain
Tradisional怪物
Sederhana怪物
MandarinGuài Wù
KantonGwaai3 Mat6
SutradaraCheang Pou-soi
ProduserLawrence Cheng
Stanley Tong
Chan Man
Ditulis olehSzeto Kam-Yuen
Nicoll Tang
PemeranKarena Lam
Shu Qi
Alex Fong
Lam Suet
Penata musikRaymond Wong
Tommy Wai
SinematograferWong Wing-hung
PenyuntingAngie Lam
Perusahaan
produksi
Filmko Entertainment
Shan Tung Film Distributions
China Film Co-Production Corporation
DistributorPanorama Distributions
Tanggal rilis
  • 27 Oktober 2005 (2005-10-27)
Durasi93 menit
NegaraHong Kong
BahasaKanton
Mandarin
Pendapatan
kotor
HK$4,552,960.00

Home Sweet Home adalah sebuah film horor Hong Kong tahun 2005 garapan Cheang Pou-soi, yang dibintangi oleh Karena Lam, Shu Qi, Alex Fong dan Lam Suet.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Sinopsis/Plot[sunting | sunting sumber]

May pindah ke sebuah apartemen baru di Hong Kong dengan suami Ray dan anak laki-laki mereka, Chi-lo. Selama pindah, Chi-lo dan May melihat makhluk yang sangat cacat dan misterius. Mereka memberi tahu Ray apa yang telah mereka lihat dan dia menyarankan untuk pindah. Setelah membayar banyak untuk rumah baru mereka, Mei memutuskan bahwa mereka harus tetap tinggal.

Suatu hari, Mei membawa Chi-lo ke pesta ulang tahun tetangga untuk bersenang-senang. Selama ini, Chi-lo diculik oleh makhluk mengerikan tersebut, yang dikatakan sebagai wanita gila yang menganggap anak laki-laki itu sebagai anaknya sendiri. Setelah menginformasikan kepada polisi, May dan Ray mulai menyusuri kompleks apartemen tersebut. Di garasi parkir, Ray ditusuk oleh wanita cacat dengan sebilah pisau, melukai dia dan kemudian dilarikan ke rumah sakit.

Dengan tetangganya menolak untuk membantu, May terpaksa melanjutkan pencarian sendiri. Saat mencari melalui saluran udara di kompleks tersebut dan hampir dilukai oleh wanita misterius tersebut, dia jatuh melalui penutup lubang yang mengarah ke bagian luar kompleks dan tersingkir saat menabrak tanah. Upaya kedua melibatkan bantuan seekor anjing pelacal yang dengan cepat menghirup aroma wanita itu, lalu melacaknya ke atap. Anjing itu takut Chi-lo dan terbunuh oleh wanita cacat tapi kemudian menggigit salah satu jarinya. Ketika May tiba, dia akhirnya mengumpulkan jari yang terputus dari mulut anjing.

May kemudian membawa jari ke detektif yang bekerja pada kasus ini. Melalui pengujian sidik jari, mereka dapat mengidentifikasi wanita yang cacat seperti Chan Yim-hung, yang pernah tinggal dengan suami dan anak laki-laki nya, Wing-man, di daerah penduduk kumuh di Hong Kong, di daerah yang sama dengan kompleks apartemen May sekarang beberapa tahun yang lalu ketika masih daerah kumuh. Ketika pemerintah kota mencoba untuk merebut kembali daerah tersebut, sebuah huru hara mematikan terjadi yang mengakibatkan suami Yim-hung terbunuh dalam peristiwa tersebut. Meskipun para penduduk kumuh berpindah dari kawasan tersebut, Yim-hung kembali ke sana bersama Wing-man untuk melanjutkan hidup mereka. Kemudian Wing-man terbunuh tertimpa puing-puing bangunan yang jatuh saat mencari makanan, yang mengakibatkan Yim-hung menjadi semakin depresi karena tidak menerima kenyataan kehilangan orang yang dicintainya. Yim-hung kemudian meninggalkan daerah tersebut dan kembali lagi beberapa saat setelah apartemen baru selesai dibangun, tidak sadar bahwa anaknya telah meninggal dan perlahan-lahan menjadi gila atas apa yang telah terjadi.

May memutuskan untuk memancing Yim-hung dengan mencetak salinan foto terakhir dan melemparkannya ke saluran udara kompleks. Yim-hung melihat mereka dan, menyerang May di apartemennya, memesan yang terakhir untuk mengembalikan anaknya. Sementara May mencoba untuk mengatakan kepadanya bahwa putranya meninggal bertahun-tahun yang lalu, Chi-lo kemudian tiba dan Yim-hung membawanya keluar dari apartemen saat bertarung May. Kembali ke sistem utilitas kompleks, Yim-hung melihat sebuah bayangan tentang suaminya yang telah meninggal, memintanya untuk melepaskan "rumah" mereka yang sudah tidak ada lagi. Setelah melihat bayangan dirinya yang cacat di pintu kaca sebuah jaringan listrik, dia menghancurkannya, menyebabkan pemadaman listrik di seluruh kompleks.

Setelah May melihat kain yang dimiliki Chi-lo melayang turun dari langit, dia dengan cepat menyadari bahwa mereka berada di atap. Setelah berjuang melalui polisi yang dikirim untuk menyelidiki pemadaman listrik, dia menemukan mereka bersiap untuk melompat. Semoga dengan cepat menghentikannya dan menyerang Yim-hung karena penculikan dan traumatis Chi-lo. Sementara May memeluk anaknya, Yim-hung melompat dari atap ke kematiannya, ingin menyatukan kembali keluarganya di alam baka.

Saat layar menjadi hitam, Chi-lo bisa didengar bertanya, "Bu, apakah Anda akan meninggalkan saya?", Ketika May dan Wan dapat terdengar menjawab, "Tentu saja tidak, bahkan jika Anda meninggalkan saya."

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]