Historia Langobardorum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Historia Langobardorum
HistoriaLangobardorum.jpg
Manuskrip Salzburg
BahasaLatin
SubjekSejarah orang Langobardi
GenreSejarah etnik

Historia Langobardorum ("Sejarah Orang Langobardi") adalah karya utama Paulus Diakonus yang ditulis pada akhir abad ke-8. Karya ini masih belum selesai, tetapi sudah terdiri dari enam buku yang ditulis dari tahun 787 hingga tahun 796 (kemungkinan besar di Montecassino).

Karya ini berisi tentang kisah orang Langobardi dari asal mula mereka berdasarkan mitologi hingga kematian Raja Liutprand pada tahun 743. Historia Langobardorum mengandung informasi yang berharga mengenai Kekaisaran Romawi Timur dan orang Franka. Kisahnya disampaikan dari sudut pandang seorang patriot Langobardi dan menunjukkan hubungan antara orang Franka dengan Langobardi. Paulus menggunakan dokumen Origo gentis Langobardorum, Liber pontificalis, catatan sejarah karya Sekundus dari Trento yang sudah hilang, dan tawarikh Benevento yang juga sudah hilang sebagai sumber primer; ia juga menjadikan karya Bede, Gregorius dari Tours, dan Isidore dari Sevilla sebagai sumber.[1]

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Laura Pani pada tahun 2000, terdapat 115 kodeks Historia Langobardorum yang masih ada saat kini. Karya ini populer pada abad pertengahan seperti yang terlihat dari jumlah salinannya dan persebarannya di seluruh Eropa Barat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Chisholm 1911, hlm. 964.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]