Hippokrates dari Khios

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Lune Hippokrates. Solusi parsial dari tugas "Kuadrat lingkaran", disarankan oleh Hippokrates. Area dari bayangan berarsir sama dengan luas segitiga ABC. Ini bukan solusi lengkap dari tugas (solusi lengkap terbukti tidak mungkin dilakukan dengan kompas dan lurus).

Hippokrates dari Chios (Yunani: Ἱπποκράτης ὁ Χῖος) merupakan seorang Matematikawan, Geometer, dan Astronom Yunani kuno yang hidup pada sekitar tahun 470 – skt. 410 SM.

Ia lahir di pulau Khios, di mana ia awalnya adalah seorang pedagang. Setelah beberapa bencana (ia dirampok oleh bajak laut atau pejabat bea cukai) ia pergi ke Athena, mungkin untuk proses gugatan. Di sana ia tumbuh menjadi seorang matematikawan terkemuka.

Di Khios, Hippokrates mungkin telah menjadi murid matematikawan dan ahli astronomi Oenopides dari Khios. Di dalam karya matematisnya mungkin ada beberapa pengaruh Pythagoreanisme juga, mungkin melalui kontak di antara Khios dan pulau tetangga Samos, sebuah pusat pemikiran Pythagoreanisme: Hippokrates digambarkan sebagai 'para-Pythagoreanisme', seorang 'teman seperjalanan' yang filosofis. Argumen Reductio ad absurdum (atau bukti kontradiksi) telah ditelusuri kepadanya.[1]

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Ivor Bulmer-Thomas, 'Hippocrates of Chios', in: Dictionary of Scientific Biography, Charles Coulston Gillispie, ed. (18 Volumes, New York 1970–1990) pp. 410–418.
  • [Axel Anthon] Björnbo, 'Hippokrates', in: Paulys Realencyclopädie der Classischen Altertumswissenschaft, G. Wissowa, ed. (51 Volumes; 1894–1980) Vol. 8 (1913) col. 1780–1801.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]